oleh

186 Kades di Taput Akan Dilantik Besok

Tapanuli Utara, BatakToday-

Sebanyak 186 kepala desa hasil pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2015 di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), dijadwalkan  akan dilantik di Salib Kasih, Kecamatan Siatas Barita, pada Senin (21/12) besok.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Bapemas dan Pemdes Kabupaten Taput, Binhot Aritonang kepada BatakToday, Jumat (18/12).

Ia mengatakan, pelaksanaan pilkades yang digelar serentak beberapa waktu lalu di Kabupaten Taput telah usai, meski masih ditemukan berbagai rintangan dan halangan.

Binhot menjelaskan, Kabupaten Taput mempunyai 241 desa, namun yang menyelenggarakan pilkades serentak tahun 2015 hanya 190 desa, dari sebelumnya 197 desa yang direncanakan.

Karena berbagai kendala, urai Binhot, 6 desa melalui SK Bupati Taput diputuskan untuk ditunda dan baru akan digelar 2016, serta satu desa yaitu Desa Siaro Kecamatan Siborongborong tertunda melaksanakan pilkades, sehingga yang menyelenggarakan Pilkades serentak sebanyak 190 desa

“Dari 190 desa yang menggelar pilkades, di 28 desa terjadi sengketa dengan membuat keberatan. Sebanyak 27 desa telah kita bahas bersama tim. Satu desa belum dibahas, karena perhitungan suaranya imbang yaitu Desa Silantom Julu, Kecamatan Pangaribuan,” terangnya.

Masih kata Aritonang, dari 27 desa yang dibahas, 24 desa dinyatakan sudah dapat dilanjutkan untuk pelantikan.  Tiga desa lagi yang tidak ikut dilantik yaitu Desa Huta Ginjang Kecamatan Muara, dan Desa Lobu Singkam Kecamatan Sipoholon,  karena dilakukan pemungutan suara ulang.

“Satu lagi Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon ditunda pelantikannya, karena ada masalah hukum di Polres, jadi kita tunda. Ketika tidak terbukti, maka kita akan melantik,” imbuhnya.

Binhot yang didampingi Kabag Hukor, Alboin Butarbutar menyampaikan pelantikan para kepala desa ini sudah dipersiapkan dengan matang.

“Bupati mengharapkan kepada setiap elemen masyarakat, terutama kepada para calon kepala desa yang ditunda pelantikannya, agar senantiasa arif dan bijaksana dalam melihat segala sesuatunya. Kalau mau mengambil jalur hukum silakan,” kata Binhot.

Kata dia, keputusan dari tim fasilitasi penyelesaian perselisihan pemilihan kepala desa se-Kabupaten Taput telah dengan penuh pertimbangan melakukan langkah  terbaik yang bisa dilakukan.

“Kalaupun ada yang merasa dirugikan, pasti ada. Karena setiap keputusan pasti ada yang merasa dirugikan. Dan inilah keputusan yang terbaik dari Pemkab Tapanuli Utara,” pungkasnya. (TN)

Foto: Kepala Bapemas dan Pemdes Kabupaten Taput, Binhot Aritonang didampingi Kabag Hukor Alboin Butarbutar saat menyampaikan keterangan kepada sejumlah wartawan, Jumat (18/12).  (bataktoday/tn)

News Feed