Bupati Banyuwangi Segera Gelar Festival Toilet Bersih

  • Bagikan

Bogor – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, Jawa Timur bakal menggelar festival toilet bersih. Festival itu diharapkan dapat menarik kedatangan turis mancanegara ke Banyuwangi.

“Diadakan festival itu, agar toilet kita segera bersih. Bule kalau datang ke Indonesia, indikator pertamanya itu toilet, maka di Banyuwangi difestivalkan,” kata Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas di Kompleks Istana Kepresidenan, Bogor, Jawa Barat, Jumat (13/2).

Dalam World Economic Forum, lanjutnya, Indonesia baru menempati ranking 22 dari 114 negara. “Indikator higenis dan bersih dari 144 negara, Indonesia baru ranking 22. Bagaimana mungkin target pariwisata 12 juga tercapai, jika indikator bersihnya jauh dari harapan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, festival yang dimaksud bukan berarti membangun toilet. “Ini bukan bangun toilet, tapi kebersihannya ada indikatornya, seperti bersih, baunya tidak ada, dan sehat. Penilaian nanti sepanjang tahun,” ujarnya.

Dia mengaku sudah banyak keliling negara. Masalah toilet, ujarnya, menjadi salah satu kendala minimnya turis asing ke Tanah Air. “Saya sudah ke banyak negara, ternyata problem kita itu toilet. Wisatawan asing dan domestik, mau buang air kecil repot, bau pesing,” pungkasnya.

Suara Pembaruan

Penulis: Carlos KY Paath/FAB

Sumber:Suara Pembaruan

  • Bagikan