Pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh Mangkrak, Pendemo Tuduh Hulman Sitorus Pembohong

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday –

Aksi unjuk rasa atas mangkraknya pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh memasuki hari kedua. Selain massa yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Pematangsiantar Tolak Pembohongan, demo kali ini, Rabu (23/9), juga diikuti oleh ratusan mahasiswa yang dikoordinir Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Simalungun (BEM-USI).

aksi bakar ban di balai kotaToni Damanik, koordinator aksi dari Aliansi Masyarakat Pematangsiantar Tolak Pembohongan, dalam orasinya di depan Kantor Walikota Pematangsiantar mendesak agar pembangunan Tugu Raja Sangnawaluh Damanik segera direalisasikan sebagai bentuk penghormatan pemerintah dan masyarakat Pematangsiantar kepada pahlawannya.

Toni Damanik juga menuding Hulman Sitorus sebagai pembohong, sebab pada hari ulang tahun kota Pematang Siantar 24 April 2012 yang lalu telah menjanjikan akan membangun tugu Raja Siantar tersebut. Saat itu Hulman juga menjanjikan bahwa tugu tersebut sudah selesai sebelum akhir masa kepemimpinannya. Tapi dalam kenyataannya tugu dimaksud tidak dibangun hingga saat ini.

Di tempat yang sama, Ketua BEM-USI Milion Bangun kepada BatakToday mengatakan, Walikota Pematang Siantar pada awalnya seakan-akan serius dalam membuktikan janjinya. Hal ini dibuktikan dengan pengukuhan panitia pembangunan dan peletakan batu pertama pembangunan tugu di depan Ramayana Plaza Jalan Sutomo Pematang Siantar.

Namun, lanjut Milion, “Selama tiga tahun dalam penantian, ternyata Hulman Sitorus telah melakukan pembohongan publik dengan tidak terealisasinya pembangunan tugu tersebut hingga hari ini.”

Menurut Milion, pembohongan yang dilakukan Hulman merupakan pelecehan terhadap masyarakat Siantar dan juga pendiri kota ini.

Untuk itu, Milion selaku ketua BEM-USI bersama dengan Aliansi Masyarakat Pematangsiantar Tolak Pembohongan mengajak seluruh elemen masyarakat agar turut serta mendesak Pemerintah Kota Pematang Siantar untuk segera merealisasikan pembangunan tugu tersebut sebagai wujud penghormatan terhadap leluhur dan pendiri kota Siantar.

Pantauan BatakToday, aksi juga diramaikan dengan atraksi Dihar (silat Simalungun, red) dan musik tradisional Simalungun. Massa juga terlihat melakukan aksi pembakaran ban bekas di depan Balai Kota sebagai bentuk protes terhadap janji kosong Hulman Sitorus. (CS)

Seperti diketahui, Hulman Sitorus dalam kapasitas sebagai wali kota Pematang Siantar sejak awal pemerintahannya (2010) telah menjanjikan untuk membangun tugu Raja Sangnawaluh, pendiri kota Pematang Siantar.

Sayembara lomba lukis Tugu Raja Sangnawaluh dilaksanakan pada bulan Desember 2011 dan lukisan pemenangnya, Robinson Damanik, menjadi disain awal tugu dimaksud. Peletakan batu pertama tugu Raja Sangnawaluh kemudian dilaksanakan pada 27 April 2012 di Jalan Sutomo Pematang Siantar di depan Ramayan Departement Store.

Namun pembangunan terhenti, bahkan lokasi tugu kemudian direncanakan akan dipindahkan ke Taman Bunga.

Berulangkali Hulman berjanji akan segera menuntaskan pembangunan tugu, namun hingga pemerintahannya berakhir pada hari Selasa (22/9), janji tersebut tidak terwujud. (CS)

  • Bagikan