Pilkada Tobasa: KPUD Serahkan Bahan Kampanye kepada Dua Paslon, Monangta Menyusul

  • Bagikan

Tobasa, BatakToday–

KPU Toba Samosir menyerahkan bahan kampanye berupa flayer, leafleat, brosur dan poster kepada tim pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati Toba Samosir nomor urut 1 Darwin Siagian-Hulman Sitorus dan nomor urut 2 Poltak Sitorus-Robinson Tampubolon, Senin (5/10) sore. Sementara bahan kampanye untuk paslon nomor urut 3 Monang Sitorus-Chrissie Sagita Hutahaean menyusul diserahkan karena masih dalam proses pencetakan.

Penyerahan bahan kampanye secara simbolik dilaksanakan di Kantor KPU Tobasa. Tim kampanye paslon Darwin Siagian-Hulman Sitorus diwakili Mangapul Siahaan, Robby Siagian, dan Togi Napitupulu, sedang paslon Poltak Sitorus-Robinson Tampubolon diwakili Polmer Simanjuntak. Penyerahan bahan kampanye disaksikan oleh Ketua Panwaslu Tobasa Junpiter Pakpahan dan Kapolres Tobasa yang diwakili Kabag Ops Edy B Sinaga.

Bahan kampanye dan alat peraga kampanye (APK) berupa umbul-umbul, spanduk dan baliho seluruhnya disediakan oleh KPU Tobasa dengan menggunakan dana yang dihibahkan oleh Pemerintah Kabupaten Toba Samosir. Khusus penempatan dan pemasangan APK dilakukan oleh KPU Tobasa, sedang bahan kampanye berupa flayer, leafleat, brosur, dan poster diserahkan langsung kepada masing-masing tim kampanye paslon.

“Khusus alat peraga seperti umbul-umbul, spanduk dan baliho KPU sendiri yang memasang, dan  dalam waktu dekat akan kita pasang sesuai lokasi yang telah ditentukan,” kata Ketua KPU Tobasa, Rinto Hutapea, seraya menjelaskan bahwa bahan kampanye bagi paslon nomor urut 3 Monang Sitorus-Chrissie Sagita Hutahaean akan menyusul diserahkan karena belum selesai dicetak.

Rinto Hutapea mengatakan, bahan kampanye dan alat peraga kampanye seluruhnya dicetak KPU, dan tidak boleh di cetak dan diperbanyak oleh pasangan calon. “Jika ada yang melanggar aturan ini, maka KPU akan memberikan sanksi kepada pasangan calon yang melanggar,” tandasnya.

Rinto juga menghimbau, jika ada baliho atau spanduk yang masih terpasang di rumah, di kedai maupun di pinggir jalan raya, mohon segera dibersihkan, dan tidak boleh ada alat peraga kampanye selain yang difasilitasi KPU.

Ketua Panwaslih Tobasa, Junpiter Pakpahan berharap kepada masing-masing tim paslon untuk mematuhi segala aturan yang ditetapkan dalam PKPU, agar proses pilkada di Tobasa berjalan dengan baik dan lancar serta terhindar dari pelanggaran.

“Panwaslu akan bersikap tegas terhadap pelanggaran yang dilakukan oleh tim kampanye paslon. Jika ada yang melanggar peraturan pilkada, akan kita proses dan tindaklanjuti ke KPU. Apakah bentuk pelanggarannya mengarah ke pidana atau tidak, tetap kita proses,” kata Junpiter Pakpahan.

Junpiter menghimbau agar stiker masing-masing paslon jangan di tempelkan secara sembarangan seperti di kendaraan roda empat, di pohon-pohon, di kantor-kantor pemerintah, atau di gereja. “Itu tidak boleh. Pemasangan stiker paslon sudah ditentukan lokasinya,” ujar Junpiter dengan tegas.

Kabag Ops Polres Tobasa, Edy B Sinaga berharap, selama proses kampanye pilkada, masyarakat maupun tim pendukung pasangan calon agar mematuhi segala aturan yang ada. Pihak kepolisian akan dengan tegas menindak siapa pun yang melanggar aturan kampanye.

“Apalagi Lembaga Gakkumdu (penegakan hukum terpadu, red) sudah resmi dibentuk di Tobasa. Gakkumdu akan menindak segala pelanggaran kampanye. Segala stiker dan baliho pasangan calon, baik yang ditempel di mobil dan angkot supaya ditertibkan,” tandas Sinaga.

Tim paslon nomor urut 1, Mangapul Siahaan pada kesempatan itu mengucapkan terimakasih kepada KPU yang telah mengundang tim kampanye pasangan calon untuk penyerahan bahan kampanye secara simbolis.

Hal senada juga disampaikan dari tim kampanye paslon nomor urut 2, Polmer Simanjuntak. Ia berjanji akan melaksanakan segala peraturan terkait pilkada dengan baik. (AP)

Keterangan Foto :

Ketua KPU Tobasa Rinto Hutapea saat menyerahkan secara simbolis bahan kampanye paslon nomor urut 1 Darwin Siagian-Hulman Sitorus kepada tim kampanye Mangapul Siahaan di kantor KPU Tobasa, Senin (5/10) sore.

  • Bagikan