Kabut Asap: Di Binjai Banyak Anak Terkena ISPA

  • Bagikan

Binjai, BatakToday-

Kabut asap akibat kebakaran hutan di beberapa lokasi di pulau Sumatera yang sudah sebulan lebih mengganggu udara kota Binjai. Selain mengganggu jarak pandang pengguna jalan raya, kabut asap mulai  berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Beberapa hari terakhir beberapa puskesmas di kota Binjai disibukkan dengan banyak pasien anak-anak yang menderita infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Agusnadi, ketika dikonfirmasi beberapa wartawan membenarkan adanya peningkatan jumlah anak penderita ISPA selama terjadinya kabut asap. “Pada bulan pertama hanya beberapa orang saja, namun bulan ini terjadi peningkatan mencapai 50 – 70 persen, dan kebanyakan penderita adalah anak-anak, “ terangnya.

Untuk itu Agusnadi menghimbau agar masyarakat lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah. Apabila berada di luar ruangan, dia menghimbau agar menggunakan masker untuk menghindari kontak nafas langsung dengan kabut asap.

Agusnadi juga mengingatkan orang tua agar lebih menjaga kondisi kesehatan anak-anak mereka. “Orang tua diminta untuk lebih rajin lagi memeriksa kesehatan anak dan berusaha memberi vitamin untuk menjaga kekebalan tubuh anak,” ucapnya. (lud)

  • Bagikan