Lirik Peluang, Pemko Medan Lakukan Riset Pengembangan Wisata Kota

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Tingkat pertumbuhan ekonomi masyarakat di Sumut khususnya Kota Medan yang tinggi mendorong peningkatan kebutuhan rekreasi dan wisata dan telah menjadi gaya hidup. Masyarakat kota Medan dan daerah penyangganya membutuhkan fasilitas rekreasi dan wisata yang mudah diakses bersama anggota keluarga. Pengembangan wisata kota dinilai prospektif untuk dikembangkan, juga mampu menjadi katasilator dalam pembangunan.

Hal ini dilirik Pemerintah Kota Medan saat melalui tim yang tergabung dalam Dewan Riset Kota Medan untuk melakukan kajian pengembangan konsep wisata di sejumlah kawasan yang dinilai potensial. Selama tiga bulan, September-November 2015, tim melakukan kegiatan pengkajian sebagaimana dipaparkan dalam seminar riset pengembangan wisata kota Medan di Ruang Rapat II Balai Kota Medan, Kamis (8/10). Seminar dilakukan untuk mendapatkan masukan-masukan yang dibutuhkan untuk pengembangan riset dimaksud.

Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Kota Medan, Hasan Basri mengatakan, dunia wisata yang bisa memberikan gambaran alam, budaya, serta membawa belahan dunia lain ke Kota Medan menjadi bahagian pembangunan dan pendidikan bagi warga kota.

Sektor pariwisata semakin menunjukkan posisi dan peran yang sangat penting sebagai penyumbang pertumbuhan ekonomi sejalan dengan peningkatan pendapatan per kapita dan gaya hidup masyarakat kota. Bagi pemerintah, pertumbuhan sector pariwisata akan berdampak kepada peningkatan pendapatan daerah, pengembangan wilayah, penyerapan investasi dan peluang lapangan kerja.

Menurut Hasan, pengembangan wisata kota akan menjadi tren menarik dimasa depan. Namun demikian potensi yang bagus akan lebih berhasil jika dapat dikembangkan dan dikelola dengan manajemen kota yang terintegrasi dalam konsep totalitas produk wisata yang saling terkait dengan yang lainnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Balitbang Tri Ratih Handayani menjelaskan tujuan seminar penelitian ini untuk mengidentifikasi potensi dan upaya pengembangan pariwisata urban heritage di Kota Medan. Selain itu seminar juga dilakukan untuk menghasilkan rekomendasi langkah-langkah yang akan dilakukan Pemerintah Kota Medan guna menjadikan Kota Medan sebagai destinasi wisata yang maju.

Tim peneliti terdiri dari tenaga ahli dari Program Studi Pariwisata Fakultas Imu Budaya Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed). Seminar dihadiri sejumlah kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Medan. (AFR)

Keterangan foto: 

Suasana diskusi pada seminar riset pengembangan wisata kota Medan yang dipimpin Kepala Badan Penelitian Dan Pengembangan Hasan Basri di Balai Kota Medan, Kamis (8/10).

  • Bagikan