Pilkada Kota Binjai: Panwaslih Lakukan Monitoring DPT

  • Bagikan

Binjai, BatakToday

Pasca penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebesar 184.936 pemilih oleh KPU Kota Binjai (2/10) dari sebelumnya Daftar Pemilih Sementara (DPS) sejumlah 220.233 pemilih. Pengurangan sebanyak 35 ribuan itu menimbulkan tanda tanya berbagai kalangan dan dinilai tidak wajar jika hanya disebabkan kelalaian. Berkaitan dengan itu, Panwaslih Kota Binjai dalam beberapa hari terakhir terus melakukan monitoring atas DPT yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Binjai.

“Untuk DPT yang telah ditetapkan KPU, kita masih melakukan pengamatan di kantor, apa benar angka DPS yang dibuang KPU itu pemilih ganda atau apa,” ucap komisioner Panwaslih Binjai Andi Fachrozi, Minggu (11/10).

Ia menambahkan, pengamatan terhadap DPT akan selesai pada minggu ini. “Ada 35 ribuan pemilih yang dibuang oleh KPU, dan ini yang sedang kita lakukan pengecekan, benar apa tidak yang dibuang itu pemilh ganda, atau jangan-jangan kita pula yang dibuang mereka (KPU Kota Binjai, red) dan inilah yang sedang kita verifikasi dan minggu depan selesai,” jelasnya.

Sebelumnya, Komisioner KPU Kota Binjai Labaik Simanjorang menjelaskan, penggelembungan jumlah pemilih pada DPS lebih karena terjadinya system-error pada Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih), bukan karena kesengajaan. Setelah sistem berjalan normal dan dilakukan rekapitulasi ulang, maka terjadi koreksi pengurangan sebesar 35.297 pemilih. Rapat pleno KPU Kota Binjai akhirnya menetapkan DPT sebesar 184.936 pemilih. (lud)

  • Bagikan