Pemkab Langkat Selenggarakan Ujian Tertulis dan Wawancara Kepada 226 Balon Kades

  • Bagikan

Langkat, BatakToday-

Untuk percepatan implementasi Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa dalam penyelenggaraan pemerintahan desa di Kabupaten Langkat pasca pemilihan kepala desa serentak tanggal 18 November mendatang, Pemerintah Kabupaten Langkat melaksanakan serangkaian ujian tertulis dan wawancara kepada 226 bakal calon kepala desa yang akan bertarung memperebutkan 64 jabatan kepala desa.

Ujian yang teknis pelaksanaannya dikelola Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa/Kelurahan (BPMDK) Kabupaten Langkat secara resmi dibuka Asisten Administrasi Pemerintahan Abdul Karim di Gedung PKK Kabupaten Langkat, Stabat, (12/10).

Dalam sambutannya Abdul Karim mengungkapkan proyeksi Bupati Langkat yang mentargetkan ke-64 kepala desa terpilih pada pilkades tanggal 18 November nanti telah memiliki pemahaman yang memadai atas Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 dan peraturan pelaksanaannya. Dengan pemahaman yang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan desa di masa mendatang diharapkan dapat lebih baik.

Selain itu, Karim juga mengatakan bahwa kelayakan seorang bakal calon kepala desa akan dapat diidentifikasi melalui hasil ujian. “Jangan setelah menjadi kades baru belajar. Usahakan sebelum menjadi kades sudah mempelajari dan memahaminya, sehingga target pemerintah daerah dan pusat tentang desa yang maju akan terpenuhi dengan kepemimpinan kades yang baik” harap Karim.

Sementara itu, Kepala BPMDK Jaya Sitepu melaporkan bahwa seyogianya terdapat 227 bakal calon kepala desa yang akan mengikuti ujian, namun satu orang diantaranya berhalangan hadir.

Jaya menjelaskan bahwa hasil ujian akan diumumkan secara luas agar masyarakat dapat menilai kemampuan masing-masing balon kades yang akan dipilih. “Selanjutnya, setelah ujian ini, rakyatlah yang menjadi penentu bagi mereka untuk jadi Kades” kata Jaya.

Ujian yang dilaksanakan selama dua hari, tanggal 12 sampai 13 Oktober 2015 itu, bukan hanya menguji para balon kades, tetapi juga pasangan (istri atau suami) dari para bakal calon. (lud)

Keterangan Foto : 

Assiten Administrasi Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten langkat, Abdul Karim, saat melakukan wawancara terhadap salah seorang bakal calon kepala desa, Senin (12/10), di gedung PKK Kabupaten Langkat.

  • Bagikan