Reses Anggota DPRD Binjai: Masyarakat Keluhkan Kebijakan Pembangunan Infrastruktur dan Pembagian Raskin

  • Bagikan

Binjai, BatakToday-

Reses anggota DPRD Binjai didominasi keluhan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah daerah dalam pembangunan infrastruktur yang dinilai tidak memiliki skala prioritas dan pembagian beras miskin (raskin) yang dinilai tidak tepat sasaran. Masyarakat juga mengeluhkan lampu penerangan jalan banyak yang sudah mati yang diduga sebagai penyebab meningkatnya tingkat kriminalitas akhir-akhir ini.

Hal tersebut diutarakan anggota DPRD Kota Binjai Jonita Agina Bangun saat ditemui, Rabu (14/10). “Banyak memang keluhan yang kita terima dan permasalahannya tetap sama dalam setiap reses yang kita lakukan,” ucapnya.

Untuk masalah tidak meratanya pembagian beras raskin, Jonita mengaku telah menyarankan Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kota Binjai agar memerintahkan kepada para lurah untuk menempelkan daftar penerima raskin di setiap kantor kelurahan, agar pembagian beras raskin bisa trasparan dan bisa diketahui langsung oleh masyarakat siapa saja penerimanya.

“Banyak masyarakat yang kecewa ketika mengambil raskin. Sesampainya di kelurahan ternyata tidak terdaftar, padahal sebelumnya warga tersebut sudah terdaftar. Selain itu masih banyak juga ditemui pembagian raskin yang tidak tepat sesaran seperti di Binjai Timur,” terangnya.

Politisi Partai Hanura itu juga mengakui adanya keluhan masyarakat atas kebijakan Pemerintah Kota Binjai dalam pembangunan infrastruktur. Diantaranya, terdapat beberapa ruas jalan yang kondisinya masih bagus tetapi dilakukan pengaspalan, sedang jalan yang sudah rusak tidak diperbaiki. “Masyarakat menduga adanya praktik titip-menitip dalam pembangunan atau pengaspalan jalan,” terangnya.

“Masyarakat juga mengeluhkan kurangnya penerangan lampu jalan di kelurahan-kelurahan,” sambung Jonita Bangun. Kondisi itu menurutnya menjadi salah satu penyebab meningkatnya kriminalitas akhir-akhir ini, terutama kasus perampokan dan transaksi narkoba.

Menurut catatan Jonita dari hasil reses yang dilakukannya, kurangnya penerangan lampu jalan antara lain di lingkungan I dan VIII kelurahan Mencirim, Lingkungan II Kelurahan Dataran Tinggi, dan lingkungan X Kelurahan Sumber Mulyo Rejo.

Anggota DPRD lainnya, HM Yusuf, dalam reses yang dilakukannya kemarin lebih banyak melakukan pengarahan tentang antisipasi kenakalan remaja di bidang teknologi informasi (TI).

“Saya memberikan saran kepada masyarakat untuk lebih waspada dengan anak-anak remaja kita khususnya dalam pemanfaatn,” terangnya. Ia juga mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan gotong royong di masing-masing lingkungan. (lud)

Keterangan foto:

Anggota DPRD Kota Binjai, Jonita Agina Bangun.

  • Bagikan