Pilkades Taput: 547 Balon Kades Tandatangani Deklarasi Damai

  • Bagikan

Tarutung, BatakToday-

Sebanyak 547 bakal calon (balon) kepala desa yang akan berkompetisi pada Pemilihan  Kepala Desa (Pilkades) Serantak  Kabupaten Tapanuli Utara tanggal 4 November 2015 menandatangani deklarasi pilkades damai di Sopo Partukkoan Tarutung, Senin (19/10). Penandatanganan deklarasi yang digagasi Kepolisian Resort Tapanuli Utara itu diharapkan akan dapat menyejukkan suhu politik yang memanas akhir-akhir ini.

Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Kabupaten Tapanuli Utara, HP Marpaung, mengatakan, seluruh balon kepala desa yang telah menandatangani deklarasi damai diharapkan dapat memegang teguh janji dan ikrar, sehingga pelaksanaan pilkades serentak di Kabupaten Tapanuli Utara dapat berjalan aman dan damai. HP Marpaung menekankan, lancar dan tertibnya pelaksanaan pilkades kali ini merupakan salah satu tolok ukur kinerja Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.

Di tempat yang sama, Kapolres Tapanuli Utara AKBP Dudus Harley Davidson  mengingatkan para calon kepala desa, Panitia Pemilihan Kepala Desa (PPKD), camat berserta segenap unsur lapisan masyarakat untuk dapat mengantisipasi hal-hal yg tidak diinginkan sehingga pelaksanaan pilkades dapat berjalan dengan aman. Menurut Dudus, masalah keamanan bukan hanya tanggung jawap pihak kepolisian semata, namun merupakan tanggung jawab bersama masyarakat Kabupaten Tapanuli Utara.

Dudus juga menegaskan, kelima  poin deklarasi damai tersebut  bukan hanya sebagai simbol ataupun formalitas semata, namun harus diimplementasikan secara nyata. “Mari kita jaga situasi kamtibmas yang aman dan damai, rukun dan tetap kondusif, sehingga hasil pilkades pun akan maksimal, Untuk itu bantu kami. Kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari segenap pihak,” ujar Dudus.

Dudus juga yakin, prose pilkades yang berjalan kondusif akan menghasilkan para kepala desa terbaik yang dapat membawa Tapanuli Utara lebih maju dan dapat lebih unggul dari kabupaten lainnya.

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara, Ottoniyer Simanjuntak mengatakan, pilkades serentak yang akan dilaksanakan di 195 desa merupakan momen pembelajaran dan pematangan demokrasi di Kabupaten Tapanuli Utara. Untuk itu Ottoniyer berharap agar semua pihak mematuhi segala ketentuan yang berlaku dengan mengedepankan musyawarah.

“Kita tidak ingin karena ada  kesepakatan-kesepakatan semu di antara calon ataupun penyelenggara sehingga pilkades ini terciderai. Kita harus memegang ikrar dan memaknainya dengan benar. Mari kita laksanakan pilkades dengan mengedepankan kebersamaan, sehingga apa yang menjadi harapan masyarakat atas pelaksanaan dan hasil dari pilkades dapat mendukung perwujudan visi dan misi Pemerintah Kabupatan Tapanuli Utara,” ujar Ottoniyer.

Deklarasi damai di bacakan Prisjon Manalu, salah satu calon Kepala Desa Hutauruk Kecamatan Sipoholon dan diikuti seluruh calon kepala desa yang hadir.

Tampak hadir pada deklarasi damai, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Tapanuli Utara Binhot Aritonang, anggota DPRD Marconis Siregar, serta perwakilan dari Kodim 0201 Tapanuli Utara dan Kejaksaan Negeri Tarutung.

Terkait pengamanan Pilkades Tapanuli Utara tahun 2015, Kepala Bagian Humas Polres Taput, AIPTU W Barimbing Kepada BatakToday menjelaskan, akan disiagakan dua peleton Brimob Poldasu, serta penempatan sebanyak dua petugas Polres Taput pada masing-masing TPS. (HS)

Keterangan foto:

Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Utara Ottoniyer Simanjuntak, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat HP Marpaung, dan Kapolres Tapanuli Utara AKBP Dudus Harley Davidson, menyaksikan penandatanganan deklarasi pilkades damai di Sopo Partukkoan Tarutung, Senin (19/10).

  • Bagikan