Kemenpora Gelar Pelatihan Peningkatan Industri Olahraga

  • Bagikan

Toba Samosir, Bataktoday

Kementerian Pemuda dan Olahraga menggelar pendidikan dan pelatihan SDM tenaga teknis industri olahraga di Marsaringar Hotel, Balige, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), untuk mendorong pertumbuhan industri olahraga sebagai salah satu penunjang pertumbuhan ekonomi. Pendidikan dan pelatihan pembuatan bola itu diikuti 90 orang  pemuda dari Tobasa dengan bimbingan lima instruktur dari Yayasan Olahraga dan Pemuda, selama lima hari berturut-turut mulai Selasa (20/10) hingga Sabtu (24/10).

Pada acara pembukaan, Selasa (20/10), Penjabat Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen mengharapkan kegiatan pelatihan dapat meningkatkan keterampilan, kemandirian dan kewirausahaan peserta, sehingga dengan jiwa muda yang dinamis, para pemuda dapat mengembangkan minat, bakat dan potensi yang dimiliki untuk terjun ke sektor produktif.

“Dengan demikian, akan tercipta pemuda yang maju, berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing,” ujar Hasiholan.

Selain menggelar pelatihan, Kemenpora juga akan menggelar pameran produk industri olahraga di Kantor Dinas Budaya dan Pariwisata Tobasa Balige, tanggal 23-25 Oktober. Koordinator pelaksana, Gilmar Manurung menjelaskan, kegiatan itu diikuti sebanyak 24 pengusaha/UKM di bidang produksi peralatan olahraga dalam negeri sebagai upaya mendukung perkembangan olahraga di wilayah Kabupaten Tobasa.

Tujuan lainnya, kata dia, untuk melakukan interaksi langsung antara produsen dan konsumen untuk saling menjajagi kerjasama dibidang pemasaran dan peningkatan kualitas produk.

Di samping itu, lanjut Gilmar, kegiatan yang saling berkaitan juga dilakukan dengan menggelar turnamen Danau Toba Cup 2015, yang dijadwalkan mulai 24 Oktober hingga 29 November 2015 di stadion Sisingamangaraja, Balige. “Peserta turnamen diikuti klub-klub sepakbola antar kabupaten pinggiran Danau Toba,” terangnya. (an).

Keterangan foto :

SEMATKAN TANDA PESERTA :  Penjabat Bupati Tobasa Hasiholan Silaen menyematkan tanda peserta pada pembukaan Diklat SDM tenaga teknis industri olahraga yang diikuti 90 pemuda di Marsaringar Hotel, Balige, Kabupaten Tobasa, Selasa (20/10).

  • Bagikan