Sumut Siap Gelar Kejurnas Arung Jeram 2015

  • Bagikan
Aktivitas olahragawan arung jeram di Sungai Bingei, Langkat Sumatera Utara.

Medan, BatakToday

Pelaksanaan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Arung Jeram R4 tahun 2015 akan digelar di Sungai Bingei, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, dimulai 25 Oktober 2015. Persiapan pelaksanan dinyatakan telah tuntas oleh Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Sumatera Utara.

Hal itu dipastikan Ketua FAJI Sumut, Soekirman, seusai pertemuan dengan Bupati Langkat, Ngogesa Sitepu dan  Pj Wali Kota Binjai Riadil Akhir Lubis menjelang pelaksanaan event nasional yang akan diikuti sedikitnya 25 tim dari berbagai provinsi seperti Sumut, Aceh, Lampung, Sumatera Selatan, DKI, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

“Sambutan Bupati Langkat dan Wali Kota Binjai sangat mendukung kami. FAJI Sumut siap menggelar Kejurnas ini,” kata Soekirman di Medan, Selasa (20/10).

Menurut Soekirman, pemilihan Sungai Bingei untuk perhelatan tingkat nasional menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemerintah dan masyarakat Kabupaten Langkat. “Arus Sungai Bingei bisa mengalahkan Sungai Citarik. Bupati Langkat cukup mengapresiasi pemilihan Sungai Bingei menjadi lokasi kejurnas,” ucapnya didampingi Ketua Harian FAJI Sumut, Ade S Chandra.

Mantan Bupati Serdang Bedagai itu menjelaskan, arus sungai yang sangat menantang serta letak geografisnya yang strategis, menjadi alasan utama pemilihan Sungai Bingei menjadi lokasi kejurna kali ini.

Aktivitas olahragawan arung jeram di Sungai Bingei, Langkat Sumatera Utara.
Aktivitas olahragawan arung jeram di Sungai Bingei, Langkat Sumatera Utara.

Soekirman juga menyampaikan terimakasih kepada kedua kepala daerah yang berkomitmen untuk membantu pelaksanaan kejurnas. Wali Kota Binjai akan menjamu peserta kejurnas di Pendopo Wali Kota Binjai satu hari menjelang pembukaan pada 25 Oktober 2015, sementara Bupati Langkat akan menjamu seluruh peserta di Pendopo Kabupaten Langkat pada penutupan tanggal 30 Oktober 2015.

‪Di tempat yang sama, Ketua Panitia Kejurnas Arung Jeram 2015, Mayor (Mar) Farrick mengatakan, pelaksanaan kejurnas di Sungai Bingei merupakan bentuk eksistensi dunia arung jeram di Indonesia serta upaya untuk meningkatkan prestasi dan kemampuan para atlet arung jeram nasional.

‪”Ajang ini sekaligus menjadi tempat bertanding para tim arung jeram daerah untuk dapat mewakili Indonesia pada World Rafting Championship 2016 di Darwin Australia,” ujarnya.

‪Kejuaraan Nasional Arung Jeram 2015 dengan klasifikasi D dengan empat orang pendayung (R4) ini akan memperlombakan nomor sprinthead-to-headslalom, dan down river race. Kelas yang akan bertanding dibagi dalam tiga kategori yaitu kelas open yang diikuti 18 tim putra dan 6 tim putri, youth 4 tim putra dan 4 tim putri, serta kelas junior yang diikuti 4 tim putra dan 4 tim putri.

‪Sebelum pertandingan yang sesungguhnya dimulai, seluruh peserta diperbolehkan melakukan latihan di Sungai Bingei. Hadiah yang telah disiapkan panitia berupa piala untuk peringkat pertama hingga ketiga untuk setiap kelas dan kategori, serta uang pembinaan senilai Rp 80 juta. (AFR)

Keterangan foto:

Aktivitas olahragawan arung jeram di Sungai Bingei, Langkat Sumatera Utara.

  • Bagikan