Darurat Asap: Lima BUMN/BUMD Sumbangkan Masker kepada Masyarakat Tobasa

  • Bagikan

Toba Samosir, BatakToday

Untuk mengurangi dampak kabut asap yang berkepanjangan terhadap kesehatan masyarakat Kabupaten Toba Samosir, sejumlah badan usaha milik negara dan daerah (BUMN/BUMD) di Kabupaten Toba Samosir menyumbangkan 43 ribu helai masker melalui Pemerintah Kabupaten Toba Samosir.

darurat asap_02Kepala Bagian Perekonomian Sekretariat Daerah Kabupaten Tobasa, Hasudungan, kepada Batak Today, Rabu (21/10) menjelaskan, sumbangan masker diterima dari lima BUMN dan BUMD, yakni Perum Jasa Tirta I sebanyak 10 ribu helai, PT Inalum 18 ribu helai, Bank Sumut Cabang Balige 10 ribu helai, BNI Cabang Balige 2 ribu helai, dan PDAM Tirtanadi Cabang Balige sebanyak 3 ribu helai.

“Semuanya sudah kita distribusikan melalui sekolah-sekolah yang ada di Tobasa, maupun pihak kecamatan. Bahkan baru-baru ini kita bagikan secara langsung di bundaran kota Balige,” terang Hasudungan.

Hasudungan menambahkan, beberapa waktu lalu Pemkab Tobasa telah mengadakan rapat khusus terkait darurat asap yang melanda daerah ini. Untuk melanjutkan upaya pencegahan dampak kabut asap, maka diputuskan untuk menyurati beberapa perusahaan lainnya agar turut turut berpartisipasi membantu masyarakat dalam menghadapi dampak kabut asap yang belum dapat deperkirakan kapan berakhir.

“Beberapa perusahaan yang lain juga sudah disurati agar mereka juga turut menyumbangkan masker,” ujar Hasudungan.

Meskipun belum ada data resmi dari Pemkab Tobasa, namun sejak polusi kabut asap mencemari udara Tobasa dua bulan terakhir, masyarakat cukup banyak yang mengeluh karena menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). (AP)

 

Keterangan Foto :

Beberapa orang staf Pemerintah Kabupaten Toba Samosir membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di seputaran Bundaran Kota Balige, Kabupaten Tobasa.

  • Bagikan