Hari Anak Nasional 2015: Pemkab Tobasa Gelar Lomba Kreativitas Siswa

  • Bagikan

Tobasa, BatakToday

Pemerintah Kabupaten Toba Samosir  melalui Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (BPPAKB), menggelar kegiatan lomba kreativitas siswa antar kecamatan, mulai tingkat TK/PAUD, SD, SMP hingga SMA/SMK. Lomba digelar dalam rangka peringatan Hari Anak Nasional, bertempat di pelataran Kantor BPPAKB Kabupaten Tobasa, Desa Tambunan Kecamatan Balige, Rabu (21/10).

Jenis lomba disesuaikan dengan tingkat pendidikan peserta, yakni lomba Balige Mandiri bagi peserta tingkat TK/PAUD, lomba menggambar untuk tingkat SD, lomba puisi untuk tingkat SMP, dan lomba pidato untuk tingkat SMA/SMK. Peserta terdiri dari satu orang utusan per  kecamatan untuk setiap jenis lomba.

Kepala Bidang Perlindungan Anak BPPAKB Tobasa, Desima Gultom mengatakan, kegiatan tersebut digelar untuk merangsang serta meningkatkan kreativitas anak agar tumbuh dan berkembang, sehingga ke depan anak mampu berkarya dan berinovasi.

“Agar harapan tersebut bisa tercapai, tentunya orangtua juga harus berperan aktif menciptakan lingkungan dan keluarga ramah anak, serta memenuhi hak-hak anak,” katanya.

Menurut Desima, orangtua harus mendekatkan diri terhadap anak, agar manakala anak memiliki masalah, orangtua bisa menjadi sahabat bagi anak untuk berbagi dan menyelesaikan masalah yang dialami anak. Orangtua juga secara bijaksana harus mengijinkan anak berpartisipasi dalam hal-hal tertentu dan menghargai pendapat anak.

Dikatakan, untuk menilai lomba, pihaknya menghunjuk sejumlah guru yang dinilai memiliki kompetensi sesuai bidang yang dipertandingkan. Khusus untuk lomba puisi yang dihunjuk sebagai juri adalah Berliana Pasaribu, Ruspita Simanjuntak dan Nurliana Sinaga.

Lomba puisi dimenangi Cyndi D Barimbing, siswi SMPN 1 Siantar Narumonda, menyusul Lisa Christesa Situmorang, siswi SMPN 2 Lumban Julu di peringkat kedua, dan Aprillia C Napitupulu, siswi SMPN 1 Sigumpar di peringkat ketiga. (AP)

Keterangan foto:

Salah seorang siswa peserta lomba pidato sedang menunjukkan kebolehannya dihadapan dewan juri, di kantor BPPAKB Tobasa, Rabu (21/10).

  • Bagikan