Hasiholan Silaen: Orangtua Harus Aktif Membekali Moral Anak

  • Bagikan

Tobasa, BatakToday-

Orangtua harus lebih perduli dan lebih bertanggungjawab atas pendidikan anak. Orangtua juga bertanggungjawab menjaga dan mengawasi lingkungan tempat anak tumbuh dan berkembang.

Hal itu diingatkan Penjabat Bupati Toba Samosir, Hasiholan Silaen, pada puncak perayaan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Toba Samosir, Selasa (27/10).

“Pada kesempatan ini saya mengajak para orangtua untuk berperan aktif memberikan pembekalan moral melalui ajaran agama yang mampu mencegah anak-anak menjadi korban narkoba maupun human trafficking (perdagangan manusia, red),” ujarnya.

Puncak perayaan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Toba Samosir dengan tema “Mewujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak” digelar di pelataran Kantor Bupati Tobasa, berlangsung sederhana dan khidmat. Perayaan dirangkai dengan pemberian piala dan hadiah kepada setiap pemenang lomba yang diselenggerakan beberapa waktu lalu.

Lomba balita mandiri tingkat untuk TK/PAUD dimenangi TK Darmala Balige, sedang pada lomba menggambar tingkat Sekolah Dasar, SD Negeri 173633 Kecamatan Porsea meraih juara I.

Untuk tingkat SLTP digelar lomba puisi dengan tema “Wujudkan Lingkungan dan Keluarga Ramah Anak” yang dimenangi oleh SMP Negeri 1 Siantar Narumonda. Sedang pada lomba pidato tingkat SMA/SMK yang mengambil tema ”Bangun Karakter Anak Indonesia yang Berkualitas dan Berakhlak Mulia”, SMA Negeri 2 Soposurung Balige meraih juara pertama.

Penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dilakukan Pj Bupati Tobasa Hasiholan Silaen didampingi Sekdakab Tobasa Audi Murphy Sitorus, FKPD Tobasa, serta Kepala BPPAKB dr Pontas Batubara.

Maria Sitorus, orangtua salah satu siswi yang berhasil memenangi lomba, kepada Batak Today mengaku senang atas keberhasilan putrinya memenangi lomba puisi tingkat SMP se Kabupaten Toba Samosir.

Dikatakannya, kebanggaan dan kesenangannya itu terutama karena Pemerintah Kabupaten Toba Samosir sebelumnya telah menjanjikan kepada setiap pemenang lomba tingkat SMP secara otomatis akan masuk di SMA Negeri 2 Balige.

“Kepada juara 1,2 dan 3 telah dijanjikan secara otomatis masuk ke sekolah favorit SMA Negeri 2 Balige. Ini yang membuat saya semakin bangga dan senang,” ujar Maria dengan wajah sumringah.   (AP)

Keterangan Foto :

Penjabat Bupati Tobasa, Hasiholan Silaen, menyerahkan piala kepada pemenang lomba pada perayaan Hari Anak Nasional tingkat Kabupaten Tobasa, Selasa (27/10).

  • Bagikan