Pilkada Humbahas: KPUD akhirnya Terima Berkas Paslon ‘Harmoni’

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Sebagai tindak lanjut putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PT.TUN) No :10/G/PILKADA/2015/PTTUN-Medan tanggal 15 oktober 2015, KPU Humbang Hasundutan (Humbahas) akhirnya menerima berkas syarat pencalonan dan syarat calon pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati Humbahas atas nama Ir Harry Marbun dan Momento Nixon Sihombing (Harmoni) pada Rabu,(28/10) pagi, di kantor KPU Humbahas, Desa Aek Nauli Kecamatan Pollung, Humbahas.

Penyerahan berkas diterima langsung oleh Ketua KPU Humbahas Leonard Pasaribu, didampingi empat komisioner lainnya. Penyerahan berkas disaksikan Ketua Panwaslih Nelson Simamora, serta tim pemenangan dari kubu paslon nomor urut 4 Palbet Siboro-Henri Sihombing (Paten).

Ratusan personil Polres Humbahas tampak berjaga-jaga di sekitar lokasi Kantor KPU Humbahas untuk mengawal penyerahan berkas pendaftaran tersebut.

Ketua KPU Humbahas, Leonard Pasaribu menjelaskan, sesuai arahan KPU RI melalui Surat KPU RI Nomor 725/KPU/X/2105 tanggal 23 Oktober 2015 perihal penjelasan atas surat Ketua KPU RI Nomor 710/KPU/X/2015 tanggal 22 Oktober tentang tindak lanjut keputusan PT TUN, maka KPU Humbahas memutuskan untuk menerima berkas syarat pencalonan dan syarat calon pasangan Harmoni untuk diteliti dan diverifikasi ulang. Hasil penelitian dan verifikasi berkas selanjutnya akan dilaporkan ke KPU Provinsi Sumatera utara dan KPU RI untuk diteliti kembali. Keputusan lebih lanjut menunggu arahan dan petunjuka dari KPU RI. “Sebab persoalan ini sudah dilimpahkan dan diambil alih oleh pimpinan,” terang Leo.

Massa paslon Palbet Siboro-Henri Sihombing lakukan aksi damai

Usai penyerahan berkas paslon Harmoni, sekelompok massa pendukung paslon nomor urut 4, Palbet Siboro-Henri Sihombing (Paten), mendatangi Kantor KPU Humbahas dan menggelar aksi damai dan mempertanyakan Surat Keputusan KPU Humbahas Nomor : 237/Kpts/002.434.857/X/2015 tanggal 26 Oktober 2015 yang hanya menetapkan 3 pasang calon dan tidak mengikutsertakan paslon nomor urut 4 dalam pilkada tanggal 9 Desember.

Ketua harian tim pemenangan paslon nomor urut 4, Harianto Purba, meminta KPU Humbahas menjelaskan status kandidatnya dimata hukum. Harianto juga mempertanyakan, mengapa KPU Humbahas tidak mengkonsultasikan status paslon nomor urut 4 ke KPU RI.

Menanggapi pertanyaan Harianto Purba, Ketua KPU Humbahas Leonard Pasaribu didampingi komisioner lainnya mengatakan, sejatinya KPU Humbahas sama sekali tidak ada mengeluarkan pernyataan tentang pembatalan penetapan paslon nomor urut 4. Leo menjelaskan, pada prinsipnya KPU Humbahas tengah menjalankan petunjuk teknis yang disampaikan KPU RI melalui Surat KPU RI nomor : 725/KPU/X/2015 tanggal 23 Oktober 2015 dalam menindaklanjuti putusan PT TUN, dan isi surat dimaksud tidak ada mengaitkan nama paslon nomor urut 4.

“Isi surat KPU RI tersebut secara keseluruhan wajib dilaksanakan, karena mereka atasan kami langsung. Bagaimanan hasil pelaksanaannya, kita tunggu saja keputusan selanjutnya tarhadap verifikasi dan penelitian berkas pasangan calon Harmoni ini, selambat-lambatnya tanggal 6 November 2015 nanti ” tandasnya. (FT)

  • Bagikan