HIMA Tobasa Canangkan Gerakan Menanam Pohon

  • Bagikan

Toba Samosir, BatakToday-

Dalam upaya rehabilitasi dan penghijauan kawasan hutan dan lingkungan untuk penyelamatan ekosistem Kabupaten Toba Samosir, Himpunan Mahasiswa Toba Samosir (HIMA) mencanangkan gerakan penanaman pohon di empat kecamatan. Gerakan secara resmi dimulai di bukit berjuta pohon Desa Lintongnihuta Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba Samosir, Jumat (30/10).

1.Sejumlah aktivis HIMA Tobasa sedang melakukan penanaman pohon di bukit berjuta pohon Kecamatan Tampahan, Toba Samosir, (30/10)
1. Sejumlah aktivis HIMA Tobasa sedang melakukan penanaman pohon di bukit berjuta pohon Kecamatan Tampahan, Toba Samosir, (30/10)

Keperdulian HIMA Tobasa untuk mengambil bagian dalam gerakan mencegah global warming ini diwujudkan dengan menanam berbagai jenis pohon, tahap awal akan berlangsung selama tiga hari di empat kecamatan (Tampahan, Uluan, Parmaksian, dan Porsea) dengan target penanaman sebanyak 5000 pohon.

Gerakan itu sendiri mulai digagas bulan Februari 2015 yang lalu, dan direncanakan berkesinambungan untuk menghijaukan kabupaten berpenduduk 205.000 jiwa itu.

Inisiatif HIMA Tobasa ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, diantaranya Pangdam I/BB, Polda Sumut, Pemprovsu, Pemkab Tobasa, PT TPL, DPP ASKINDO, dan DPD Pemuda Pancasila(PP) Tobasa.

Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi HIMA Tobasa, Abraham Manurung mengatakan, kegiatan penanaman pohon yang digagas HIMA Tobasa ini sangat relevan dengan cita-cita awal didirikannya organisasi ini untuk menjadikan HIMA Tobasa sebagai generasi yang benar-benar berkarakter dan berahlak baik.

“Intinya, HIMA Tobasa tetap mendukung program pemerintah sepanjang program itu benar-benar bermanfaat bagi masyarakat banyak. Namun, HIMA Tobasa siap menjadi garda terdepan dalam mengkritisi setiap kebijakan-kebijakan pemerintah yang lari dari rel maupun peraturan yang ada,” kata Abraham kepada BatakToday.

2. Sebelum memulai aksi penanaman pohon, aktivis HIMA Tobasa foto bersama dengan para undangan.
2. Sebelum memulai aksi penanaman pohon, aktivis HIMA Tobasa foto bersama dengan para undangan.

Dikatakan Abraham, kegiatan penananam pohon dan pemberian bibit pohon itu berlangsung selama tiga hari, tanggal 29, 30 dan 31 Oktober 2015 yang tersebar di empat kecamatan. “Kemarin satu hari penuh, kita sudah melakukan penanaman pohon di daerah ini. Dan hari ini merupakan acara seremonial dengan mengundang unsur Pimpinan Daerah Kabupaten Toba Samosir serta lembaga-lembaga lainnya,” katanya.

Setelah Tampahan, lanjutnya, HIMA Tobasa akan melanjutkan penananam pohon di Kecamatan Parmaksian, Porsea, dan Uluan. Jenis pohon yang ditanam adalah trambesi, mahoni, sengon, ketapang dan akasia.

Selain penanaman pohon, pihaknya juga melakukan aksi sosial dengan memberikan bibit pohon buah-buahan kepada masyarakat, yakni bibit pohon durian, petai, nangka, alpukat, sirsak dan rambutan.

Dikatakan Abraham, gerakan penanaman pohon ini akan berlangsung secara berkesinambungan setiap enam bulan.

Abraham Manurung yang juga Ketua Asosiasi Konsultan Non Konstruksi (ASKINDO) Sumut ini menambahkan, untuk membuktikan keseriusan HIMA Tobasa terhadap lingkungan, hutan maupun kelestarian ekosistem daerah ini, mereka juga akan membentuk desa binaan di Porsea, Parmaksian dan Uluan.

Camat Tampahan, Arifin Simanjuntak kepada Batak Today mengatakan, sangat mendukung kegiatan penanaman pohon yang digagas HIMA Tobasa. “Kita sangat mendukung kegiatan aksi sosial yang dilakukan para intelektual muda asal Tobasa ini. Manfaat gerakan ini sangat lah berharga dan berguna bagi generasi mendatang,” ujarnya.

Arifin berharap kegiatan ini dapat dicontoh dan dilaksanakan masyarakat Tobasa, khususnya masyarakat Tampahan. “Saking respeknya saya dengan kegiatan ini, bisa-bisanya saya tadi menanam pohon hingga belasan batang di bukit itu,” ujar Arifin Simanjuntak sembari menunjuk bukit sejuta pohon yang saat ini kondisinya sudah gundul akibat terbakar sekitar dua tahun lalu.

Penanaman pohon secara simbolik antara lain dihadiri utusan Dinas Kehutanan Tobasa, tokoh masyarakat Tampahan S Tampubolon, calon wakil bupati Robinson Tampubolon, Kepala SMK N 1 Tampahan J Simbolon, Humas PT Toba Pulp Lestari (TPL) Jasmin Parhusip, Ketua DPC Pemuda Pancasila Tobasa Juliandry Hutabarat, para guru dan siswa-siswi SMKN 1 dan SMP Satu Atap Tampahan (AP)

  • Bagikan