Koalisi Lintas Partai Gelar Diskusi untuk Pilkada Humbahas 2015

  • Bagikan

Humbahas, Bataktoday

Sejumlah anggota DPRD Humbang Hasundutan (Humbahas), yang berasal dari gabungan fraksi dan Koalisi Lintas Partai menggelar diskusi untuk membahas dan menyikapi dinamika proses Pilkada Humbahas 2015, di Aula Grand Maju Hotel, Simpang Bakkara Jl. Merdeka, Doloksanggul, Jumat siang (30/10). Diskusi ini dihadiri seluruh fraksi di DPRD Humbahas, minus Fraksi Nasdem ini, membahas situasi proses pilkada di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Ramses Lumbang Gaol, salah satu anggota dewan dari Partai PDI-P yang didaulat menjadi moderator dalam diskusi tersebut, menegaskan bahwa diskusi tersebut murni inspirasi para anggota dewan untuk menyukseskan Pilkada 2015, bukan atas kepentingan salah satu pasangan calon peserta.

Ia mengemukakan bahwa dirinya beserta sebagian besar anggota DPRD akan mendesak KPUD dan Panwaslih agar benar-benar menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai penyelenggara Pilkada dengan baik dan profesional sesuai dengan amanat peraturan perundang-undangan, demi kepentingan rakyat Humbahas.

Ketua DPC Gerindra Humbahas, Saut Parlindungan Simamora, yang hadir pada diskusi itu meminta agar DPRD Humbahas mendesak KPUD untuk transparan dan segera memberikan berkas syarat dukungan Paslon Perseorangan yang dimohonkan Panwaslih. Hal ini sesuai instruksi Bawaslu RI melalui surat edarannya belum lama ini, guna penelitian dan pencermatan ulang syarat dukungan paslon independen. Saut juga berharap kiranya KPUD dan Panwaslih mampu bertindak professional dan taat hukum.

Pernyataan serupa juga dikemukakan ketua Fraksi Golkar, Parulian Simamora. “KPUD hingga saat ini tidak pernah mau memberikan data yang diminta Panwaslih. Untuk itu  KPUD perlu diundang untuk Rapat Dengar Pendapat (RDP), mengapa surat edaran Bawaslu RI tidak diindahkan,” cetus mantan Ketua KNPI itu.

Oleh karena ini, atas nama Partai Golkar ia berharap dinamika politik yang terjadi saat ini bisa normal kembali. Di sisi lain ia mengakui bahwa sebagian persoalan yang ada dipicu oleh situasi internal Partai Golkar. “Untuk itu saya selaku ketua Harian Partai Golkar kubu ARB meminta maaf kepada seluruh masyarakat. Namun dengan tegas kembali kami sampaikan, bahwa Golkar tetap mengedepankan aturan yang berlaku dan menghargai setiap keputusan yang mengacu pada peraturan dan perundang-undangan.“ tandasnya.

Dikesempatan yang sama, Harry Pemuda Sihombing selaku Ketua DPC PDI-P Humbahas menegaskan bahwa pihaknya akan terus mengawal  jalannya proses Pilkada demi kepetingan masyarakat Bumi Humbang Hasundutan.

Diskusi ini juga dihadiri oleh Ketua Fraksi PDI-P Kepler Torang (KT) Sianturi, Ketua Fraksi Hanura Irwan Simamora, Wakil Ketua DPRD Jimmy T. Purba dari Partai Gerindra, Ketua Fraksi Amanat Demokrat B. Sianturi, Jonser Purba dari  PAN, dan  Tinambunan dari PKB. (FT)

Keterangan Gambar:

Suasana Diskusi tentang Proses Pilkada Humbahas 2015, di Aula Grand Maju Hotel (Jumat, 30/10)

  • Bagikan