Tim Labfor Poldasu Olah TKP Hilangnya Brankas KPU Binjai

  • Bagikan

Binjai, BatakToday-

Menyusul raibnya brankas milik KPU Binjai yang berisi uang tunai senilai Rp 250 juta dan 1.191 kertas hologram untuk keperluan pilkada Kota Binjai, tim laboratorium forensik (labfor) Poldasu melakukan pemeriksaan di Kantor KPU Binjai, Selasa (3/11) siang.

Tiba di Kantor KPU Binjai, tim labfor langsung memasuki ruangan bendahara dan langsung melakukan pemeriksaan dan mengambil foto beberapa objek di ruangan tersebut. Usai memeriksa ruangan bendahara, tim bergerak memeriksa gudang yang berada di bagian belakang kantor KPU, dengan membongkar tumpukan barang yang ada di dalam gudang.

Setelah pemeriksaan, tim labfor Poldasu langsung meninggalkan kantor KPU tanpa memberikan keterangan kepada wartawan yang mencoba meminta penjelasan.

Kasat Reskrim Polres Binjai AKP Bambang Tarigan usaia mendampingi tim labfor mengatakan, olah TKP yang dilakukan tim labfor dengan memeriksa dan menggeledah ruangan dan tumpukan barang dengan menggunakan naluri sebagai polisi.

“Kita langsung geledah semua, kita periksa semuanya, siapa tahu naluri kita itu benar. Kita sudah melakukan pemeriksaan kepada bendahara dan staf diruangan itu. Sampai saat ini yang diperiksa masih tujuh orang” jelasnya.

Ketika wartawan menyinggung tentang kemungkinan keterlibatan pihak internal KPU Binjai, Tarigan mengatakan masih dalam tahap penyelidikan. “Kita masih tunggu prosesnya, dan ini masih pengembangan penyelidikan” jelasnya.

Ketua KPU Binjai Herry Dani menghimbau, setiap kalangan termasuk tim ketiga pasangan calon untuk tidak risau dengan hilangnya ribuan hologram sebagai perekat formulir rekapitulasi C1 itu. “Hilangnya hologram itu memang masalah, namun tidak akan sampai menggagalkan pilkada,” ucapnya.

Herry menjelaskan, pihaknya sedang mendisain ulang hologram yang akan dicetak kembali, dan akan berbeda dengan disain hologram yang hilang.

Menurut Herry, peristiwa raibnya brankas KPU BInjai telah dilaporkan ke KPU Sumut dan KPU pusat. “Tolonglah kawan-kawan media agar bisa menetralisirnya,” pinta Herry. (lud)

Keterangan Foto:

Tim Labfor sedang memeriksa dan membongkar tumpukan barang di Gudang KPU Binjai, Selasa (3/11)

  • Bagikan