Usai Menjalani Persalinan, Ibu Telantarkan Bayinya di RS Vita Insani

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Tidak lama setelah menjalani persalinan di Rumah Sakit Vita Insani (RSVI) pada 25 Oktober 2015, seorang ibu meninggalkan bayi yang baru saja dilahirkannya di kamar rumah sakit dan tidak kembali lagi. Hingga Selasa (3/11) pihak RSVI belum berhasil melakukan komunikasi dengan ibu sang bayi atau keluarganya, dan memutuskan untuk melaporkan kejadian itu ke Polresta Pematang Siantar.

Humas RSVI, Choky Pardede didampingi seorang perawat yang menggendong bayi yang ditinggal itu, terlihat melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Polresta Pematang Siantar, Selasa (3/11) pagi.

Usai melapor, Choky Pardede kepada wartawan mengatakan, perempuan yang mengaku bernama Romauli Sinaga didampingi seorang pria bernama Parlindungan mendaftar di RSVI untuk pelayanan persalinan pada tanggal 23 Oktober yang lalu. Namun setelah melahirkan, pada tanggal 25 Oktober 2015, perempuan itu pergi meninggalkan bayinya dan tidak kembali lagi.

Choky menjelaskan, pencarian ke alamat ibu sang bayi yang mengaku bernama Romauli Sinaga itu juga telah dilakukan , namun hasilnya nihil. Choky menyebutkan, pada saat mendaftar di RSVI, perempuan itu mengaku berdomisili di Jalan Narumonda Atas, Simpang PMM, Kelurahan Martimbang, Kecamatan Siantar Selatan.

Menurut Choky, pihaknya juga telah mencoba menghubungi pria bernama Parlindungan melalui nomor selular yang diberikannya saat pendaftaran di rumah sakit, namun tidak aktif. Pencarian juga telah dilakukan ke alamat yang disebutkannya ketika mendaftar, namun penduduk disekitar alamat tidak mengenal pria dengan nama itu.

Menanggapi pertanyaan wartawan tentang masalah pembayaran biaya persalinan, Choky menjelaskan bahwa pelaporan ke Polresta bukan soal pembayaran. “Saya pikir ini bukan persoalan biaya. Ini masalah kemanusiaan,” tukasnya.

Ditanya mengenai perawatan bayi selanjutnya, Choky mengatakan akan melakukan koordinasi dengan Dinas Sosial untuk mengurusi bayi tersebut, (EM)

Keterangan Foto:

Bayi yang dtelantarkan ibunya turut dibawa melapor ke Polresta Pematang Siantar, Selasa (3/11) pagi.

  • Bagikan