Humbahas Terima Bantuan 34 Titik Layanan Internet dari Kemkominfo

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday-

Pj Bupati Humbang Hasundutan, Bukit Tambunan, menerima bantuan layanan akses internet sebanyak 34 titik lokasi dari Kementerian Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Hotel The Kuta Beach Heritage Denpasar Bali, Jumat (30/10). Bantuan tersebut merupakan tindaklanjut redesign Program Kewajiban Pelayanan Universal/Universal Service Obligation (KPU/USO) untuk percepatan pelaksanaan pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi di seluruh Indonesia. Pemkab Humbang Hasundutan dan Deli Serdang merupakan dua Kabupaten dari Provinsi Sumatera Utara yang  mendapat bantuan.

Dalam sambutan Menteri Kominfo yang dibacakan Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika, Kamamullah Ramli mengatakan, redesign Program KPU/USO mengacu kepada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 25 Tahun 2015,  dimana usulan dari pemerintah daerah seluruh Indonesia diterima dan diteliti oleh Kementerian Kominfo, dengan sasaran  daerah terpencil, daerah perintisan, daerah perbatasan dan daerah yang tidak layak secara ekonomi. Adapun program KPU/USO diantaranya penyediaan Base Transceiver Station (BTS) telekomunikasi, akses internet bagi masyarakat dan Desa Broadband.

Ramli mengharapkan, bantuan yang diberikan ini dapat dimaksimalkan penggunaannya sehinggga penyediaan akses internet yang berkelanjutan dalam rangka pemberdayaan masyarakat dapat terwujud.

Pj Bupati Humbahas Bukit Tambunan melalui Kepala Bagian Humas Osborn Siahaan mengatakan, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada pemerintah pusat khususnya Kementerian Kominfo yang telah memberikan bantuan kepada Pemkab Humbahas.

Bukit mengatakan, bantuan ini patut kita banggakan, karena dari ratusan kabupaten/kota yang mengajukan usulan, Pemkab Humbahas berhasil mendapatkan bantuan dari Kemkominfo. Hal itu karena kesungguhan dan keseriusan Pemkab Humbahas melaksanakan program kegiatan di bidang komunikasi dan informasi, dan tetap menjalin koordinasi dengan pemerintah pusat.

Ke depan, kata Bukit, Pemkab Humbahas akan terus melakukan upaya percepatan pembangunan di bidang teknologi informasi, karena saat ini layanan jaringan internet masih sulit diakses di beberapa kecamatan dan perdesaan. Menurutnya, sarana internet merupakan perangkat vital yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk memperoleh informasi dan komunikasi, khususnya di bidang pendidikan.

Mantan Kepala Bappeda Simalungun itu menambahkan, program ini sangat membantu pemerataan akses internet di Kabupaten Humbahas, dengan sasaran sekolah dan sektor kesehatan pada daerah-daerah terpencil yang belum terjangkau internet. Selain itu, diharapkan masyarakat nantinya akan mudah dan lancar mendapatkan informasi dari seluruh dunia, sehingga kesenjangan antara kota dan desa dapat diminimalisir.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Kominfo Deddy Situmorang, mengatakan, akan tetap berupaya untuk menjalin kerjasama dengan Kementerian Kominfo agar Kabupaten Humbahas tetap mendapat perhatian dalam peningkatan akses teknologi informasi dan komunikasi. (FT)

Keterangan Foto:

Pj Bupati Humbahas, Bukit Tambunan (sudut kanan), saat menerima bantuan di Denpasar Bali.

  • Bagikan