GMNI Tapanuli Peringati Hari Pahlawan di Makam Sisingamangaraja XII

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday

Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Cabang Tapanuli melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan di Makam Raja Sisingamangaraja XII, Desa Simamora, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Selasa, (10/11). Calon Wakil Bupati Momento Nixon Sihombing yang adalah alumnus GMNI turut hadir  dan memberikan sambutan pada upacara tersebut.

Ketua DPC GMNI Tapanuli, Nerianto Gulo dalam amanatnya meminta generasi muda tetap mempertahankan apa yang telah diperjuangkan para pahlawan, bahkan melanjutkan perjuangan dengan mengisi kemerdekaan dengan menjadi pelopor pembangunan bangsa.

“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa dan meneruskan perjuangan para pahlawannya,” ujar Gulo mengutip pidato Presiden Soekarno pada peringatan Hari Pahlawan 10 November 1961 silam.

Momento Nixon Sihombing dalam sambutannya meminta generasi muda sebagai penerus perjuangan para pahlawan Indonesia terdahulu, agar menjadi pemikir dan pejuang.

“Renungkan arti perjuangan itu, apa yang telah kita perbuat bagi keluarga, kerabat, bahkan untuk negara selama ini. Kita sebagai generasi muda, haruslah menjadi pemikir dan pejuang dengan memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas SDM,” terang Momento.

Menurut Momento, proses dialektika dalam upaya memajukan Tapanuli terlebih di Humbahas masih jauh tertinggal dibanding daerah lainnya, Ia mengharapkan generasi muda tidak mudah putus asa dalam berjuang dan berbuat yang terbaik untuk daerahnya, mengingat pahlawan nasional maupun tokoh pejuang di Tapanuli sendiri tidak pernah putus asa menyuarakan perjuangan demi kemajuan daerahnya.

“Kita adalah ujung tombak perubahan, dan itu dimulai dengan banyak membaca. Pendidikan adalah kunci utama menuju perubahan,” tegas mantan aktivis GMNI Cipayung Jakarta Timur ini.

Pantauan BatakToday di lokasi, upacara yang juga diikuti masyarakat Desa Simamora itu, antara lain diisi dengan pembacaan sejarah singkat Raja Sisingamangaraja XII. (FT)

Keterangan Foto:

Calon Wakil Bupati Humbahas, Momento Nixon Sihombing, menyampaikan sambutan pada upacara peringatan Hari Pahlawan GMNI Cabang Tapanuli di Makam Sisingamangaraja XII, Desa Simamora, Baktiraja, Selasa, (10/11).

  • Bagikan