Akses Jalan Doloksanggul-Parlilitan Terputus 11 Jam Akibat Longsor

  • Bagikan

Doloksanggul,BatakToday
Longsor perbukitan di ruas jalan Doloksanggul-Parlilitan tepatnya di Desa Sihotang Hasugian Tonga, Kecamatan Parlilitan, Kabupaten Humbang Hasundutan, mengakibatkan akses kendaraan tertutup hingga 11 jam sejak Selasa (10/11) malam pukul 20.00 wib hingga Rabu (11/11) pagi pukul 07.00 wib. Jalan kembali bisa dilalui setelah warga setempat bersama anggota TNI bekerja keras sepanjang malam memindahkan timbunan tanah dari badan jalan.

Sekretaris Camat Parlilitan Alponsius Tinambunan kepada awak media mengatakan, longsor perbukitan di tepi jalan Doloksanggul-Parlilitan itu terjadi pasca hujan deras yang mengguyur daerah itu. ”Kemarin hujan disini cukup deras pada siang hingga sore hari. Mungkin karena gerusan air hujan, perbukitan jadi longsor,” ujar Alponsius, Rabu (11/11) siang.

Alponsus menngatakan, pasca terjadinya longsor yang menutup badan jalan itu, arus kendaraan terhenti hingga 11 jam. Ia menjelaskan, warga setempat dibantu aparat TNI dari Koramil Parlilitan bekerja ekstra keras sepanjang malam memindahkan longsoran tanah dari badan jalan. ”Jadi, baru pukul 07.00  tadi pagi arus lalu lintas kembali berjalan lancar,” ungkapnya.

Tumanggor (42), seorang pemudi mini bus mengaku tiba di lokasi Rabu (11/11) pagi sekira pukul 05.00 wib, dan harus menunggu 2 jam lebih untukk melanjutkan perjalanan.”Tadi pagi antrian kendaraan masih panjang di lokasi itu. Saya baru bisa lewat sekira pukul 07.15 wib. Itupun timbunan tanah masih banyak di badan jalan itu,” aku Tumanggor.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Humbahas, Tumbur Hutagaol saat di hubungi BatakToday melalui telepon seluler mengatakan, pihaknya baru menurunkan alat berat ke lokasi, Rabu (11/11) siang. ”Sudah kita turunkan alat berat ke lokasi pukul 11.00 wib tadi untuk mengeruk timbunan tanah dari badan jalan,” ujar Tumbur.

Ia mengingatkan, beberapa ruas jalan di Humbahas rentan bahaya longsor. ”Ada beberapa titik rawan longsor perbukitan dan bahu jalan di Kabupaten Humbahas. Diantaranya ruas jalan di kawasan Dolok Margu Kecamatan Lintongnihuta, ruas jalan Pakkat-Doloksanggul, Parlilitan-Doloksanggul, dan Doloksanggul-Sijama Polang. Untuk itu, kita imbau agar warga hati-hati, karena musim penghujan sudah tiba,” pungkasnya.(FT)

Foto: Timbunan longsor di badan jalan penghubung Doloksanggul-Parlilitan di Desa Sihotang Hasugian Tonga, Rabu (11/11).

 

  • Bagikan