Dokter Harus Utamakan Pemeriksaan Pasien Ketimbang Urusan Administratif

  • Bagikan

Doloksanggul,BatakToday

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Humbahas, dr Budiman Simanjuntak mengingatkan para dokter yang tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia (IDI) jangan lebih berorientasi pada pemeriksaan administratif dari pada keselamatan pasien.

“Hal itu saya kemukakan, karena tak jarang seorang dokter lebih dulu memeriksa identitas pasien ketimbang memeriksa penyakit pasien. Untuk itu, saya mengajak para dokter yang bertugas di Kabupaten Humbahas ini agar mengedepankan sisi kemanusian dan profesionalitas dalam memberi pelayanan kepada masyarakat, sehingga citra seorang dokter yang mengemban tugas mulia semakin dicintai masyarakat,” kata dr Budiman saat menyampaikan sambutan kepada pengurus IDI Kabupaten Humbahas yang dilantik di ruang pertemuan Martin Anugerah, Desa Sosorgonting, Dolok Sanggul, Kamis (12/11) lalu.

Sejalan dengan itu, dia meminta IDI Kabupaten Humbahas agar meningkatkan kualitas kelembagaan menjadi lebih baik dan benar-benar berperan penting di tengah masyarakat melalui pelayanan kesehatan.

“Pemahaman kelembagaan, tugas dan fungsi seorang dokter sangat diperlukan. Janji dan sumpah yang kita ucapkan harus benar-benar dipedomani dalam menjalankan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Harus tahu juga anggaran dasar dan anggaran rumah tangga organisasi, sebab IDI merupakan lembaga yang menaungi profesi dokter di Indonesia. Seorang dokter harus mengerti kode etik dan aturan yang mengatur soal kedokteran,” paparnya.

Sebelumnya, pelantikan pengurus baru IDI Kabupaten Humbahas periode 2015 – 2018 dilakukan oleh Ketua IDI Sumatera Utara, dr Suhelmi, dan dihadiri sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Humbahas.

Suhelmi meminta pengurus yang baru dilantik agar memiliki komitmen dalam menjalankan tugas kedokteran, karena tantangan ke depan akan lebih berat, apalagi saat mengahadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

Tak lupa ia menyampaikan harapan agar pemerintah bersedia memfasilitasi IDI guna meningkatkan pengetahuan para dokter supaya pelayanan kesehatan masyarakat lebih maksimal.

Ketua IDI Kabupaten Humbahas yang baru, Pdt Dr Sugiarto berjanji akan membangun IDI menjadi lebih baik dan bersinar.

“Kami akan meningkatkan sistem kesehatan di Kabupaten Humbahas lebih baik lagi, serta kerjasama dengan pemerintah daerah supaya pelayanan kesehatan terhadap masyarakat sejalan dengan visi misi pemerintah. Semua itu membutuhkan dukungan segenap elemen, khususnya rekan-rekan pengurus. Untuk itu mari bersama-sama membangun IDI ke arah yang sebenarnya,” tuturnya. (FT)

Foto: Para pengurus IDI Kabupaten Humbahas periode 2015-2018 berfoto bersama usai pelantikan, Rabu (12/11). (bataktoday/ft).

  • Bagikan