Pengurus KBN Dilantik untuk Pembangunan Berbasis Kebersamaan

  • Bagikan

Medan,BatakToday

Ketua Dewan Penasehat Keluarga Besar Nainggolan (DP- KBN) RE Nainggolan melantik kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) KBN 2015-2020 yang diketuai Alisman Nainggolan di Hotel Emerald Garden International Hotel Medan, Jumat (13/11).

Pelantikan kepengurusan yang meneruskan pembentukan DPP sejak 10 tahun silam, diharapkan mampu mendorong seluruh potensi KBN mendukung proses pembangunan khususnya di Sumatera Utara dan secara umum di Indonesia.

Pelantikan ditandai dengan penyerahan pataka kepada Ketua Umum DPP KBN oleh Dewan Penasehat sebagai tanda dimulainya kepengurusan yang baru.

“Kibarkanlah pataka ini di seluruh penjuru bumi, agar kiranya KBN memberikan manfaat bagi masyarakat dunia,” ujar RE Nainggolan saat menyerahkan pataka.

Sementara pada sambutannya, Alisman Nainggolan mengatakan, pelantikan kepengurusan ini sebagai periodisasi kepengurusan yang telah dirintis para orangtua sebelumnya yang diketuai Palar Nainggolan.

“Kita tahu bersama, sudah 18 pengurus daerah yang telah dilantik pada periode sebelumnya. Ke depan, kami akan meneruskan ini sehingga diharapkan kepengurusan di seluruh kabupaten/kota khususnya di Sumut akan terbentuk. Kini sudah terbentuk KBN di Provinsi Riau, dan Kepri,” jelasnya.

Dikatakannya, kepengurusan ini tidak akan bisa berjalan tanpa bantuan semua pihak.

“Kita di sini, anak, boru, bere, dan ibebere menjadi satu dan tidak ada bedanya. Semua kegiatan ini terselenggara berkat kebersamaan kita,” lanjutnya.

Disampaikannya, agar kepengurusan yang terdiri dari BPH dan biro-biro agar merapatkan barisan untuk mempertanggungjawabkan kepercayaan semua keturunan KBN.

“Kepengurusan ini kiranya bisa berbuat untuk kita bersama. Organisasi ini tidak terlalu muluk-muluk. Dalam perjalanannya kita akan berbuat semaksimal mungkin agar dikenal dan semakin bisa berbuat, khususnya bagi lingkungan,” ujarnya.

Juga disampaikannya, bahwa seluruh pribadi yang ada diharapkan untuk memberikan sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur Sumut diwakili Asisten Administrasi Umum dan Aset, Robetson Simatupang menyampaikan, Sumatera Utara memiliki prospek pembangunan ekonomi menjanjikan dan mampu memaksimalkan pengelolaan sumber daya alam. untuk itulah diharapkan kehadiran KBN untuk turut serta mempercepat pembangunan Sumut.

“Kompetisi global menuntut semua pihak untuk berperan. Kelahiran KBN dibangun atas prinsip kebersamaan dan kekeluargaan. Saya optimis niat suci yang mengutamakan kebersamaan dan kekeluargaan akan terus terpancar dari KBN, yang akan menjadi perekat persaudaraan di antara etnis yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Lanjutnya, pelantikan dan seminar nasional ini memiliki makna strategis bagi bangsa dan negara, terutama dalam memberikan pemahaman tentang pentingnya kebudayaan dan adat istiadat dalam berbangsa dan bernegara. Menurutnya, acara seperti ini juga akan mampu mendorong harmonisasi bagi seluruh elemen masyarakat secara luas.

Robetson menjelaskan, Sumatera Utara merupakan daerah yang sangat heterogen, baik etnis, agama, ras dan antar golongan. Kondisi faktual ini merupakan potensi yang baik dalam peningkatan nilai demokrasi maupun pemanfaatan potensi yang ada.

Namun di sisi lain, lanjut Robertson, keberagaman  berpotensi memicu konflik bila disikapi dengan pola pikir primordial yang sempit. Menurutnya, sifat dinamis yang dimiliki masyarakat Sumatera Utara harus dapat dimanfaatkan guna kemajuan negara ini, dengan syarat semua pihak berupaya sekuat tenaga untuk mencegah konflik sosial.

Sebelumnya, Ketua Panitia Mangido Nainggolan melaporkan kegiatan pelantikan DPP KBN periode 2015-2020 dirangkai dengan seminar nasional dengan tema ‘Merajut Kebersamaan dalam Membangun Sumut’ dengan menghadirkan narasumber Prof Dr Bornok Sinaga MPd, Pdt Patut Sipahutar, dan Dr Bernard Nainggolan SH MH. (AFR)

Keterangan Foto:

Ketua Dewan Penasehat KBN RE Nainggolan dengan jajaran penasehat, foto bersama dengan pengurus DPP KBN periode 2015-2020 yang baru dilantik di Emerald Garden International Hotel, Medan, Jumat (13/11).

  • Bagikan