VIHARA AVALOKISTEVARA SALAH SATU OBJEK WISATA MENARIK DI KOTA SIANTAR

  • Bagikan

Batak Today, Pematangsiantar –

“Kota terbesar kedua di Sumatra utara yaitu Pematangsiantar memiliki daya tarik tersendiri untuk objek wisata. Jika datang ke Pematangsiantar salah satu objek wisata yang bisa membanggakan kota ini adalah Avalokistevara merupakan sebuah bangunan vihara yang terletak di pusat kota Siantar yaitu di jalan Sipiso-piso atau sekitar 200 meter dari pusat perbelanjaan pasar horas. Bangunan ini memiliki keunikan sendiri untuk kota Pematangsiantar karena selain bangunan bernuansa cina juga terdapat patung dewa dan dewi.

01 dewi kuan im_editedUntuk mengetahui keunikan vihara Avalokistevara ini, Sabtu (7 November 2015) wartawan Batak Today melakukan kunjungan wisata ke vihara Avalokistevara. Ternyata dalam vihara ini terdapat sebuah yang bernama Dewi Kwan Im yang berarti mendengar suara dunia. Patung setinnggi 22, 8 meter ini resmi dibuka pada tanggal 15 November 2005 oleh walikota Pematangsiantar pada saat itu R.E Siahaan.

Patung Dewi Kwan Im terletak di atas pada bangunan berlantai dua. Sebelum masuk dan menaiki tangga anda akan disambut oleh dua patung yang berada disisi tangga yaitu merupakan patung catur mahadewaraja alias malaikat pencatat kebaikan dan keburukan. Keindahan patung Dewi Kwan Im semakin cantik dengan adanya lampion-lampion yang menghiasi bagian depan bangunan.

02 dewa dewi_editedPada depan patung Dewi Kwan Im terdapat lonceng besar dengan bangunan yang mempesona mata. Keindahan vihara ini juga semakin lengkap dengan adanya patung-patung shio sesuai dengan kepercayaan masyarakat Tionghoa. Patung shio rapi ini diwujudkan dalam bentuk hewan-hewan simbol shio.

Keberadaan empat pilar berbentuk naga di sekitar patung Dewi Kwan Im membuat patung terlihat semakin kokoh. Keempat pilar naga ini menyangga patung Dewi Kwan Im yang berada di lantai dua. Kolam ikan dan tanaman bunga yang mengelilingi komplek vihara juga menambah suasana menjadi asri menjadi tenang dan damai.

03 patung shio_editedOrnamen bangunan juga didominasi bentuk-bentuk naga yang merupakan salah satu cirri khas Cina. Tembok bangunan ini juga didesain dengan ukiran yang menggambarkan kehidupan para dewa.

Vihara sebagai tempat peribadatan memang dibangun untuk tujuan keagamaan, namum karena keunikan dan keindahannya patung Dewi Kwan Im menjadi daya tarik wisata religi, tidak hanya bagi penganut agama Budha tetapi juga bagi penganut agama lain yang hendak melihat dan mengagumi kemegahan dan keindahan patung Dewi Kwan Im.

Bangunan ini terbuka untuk umum dan tidak ada uang semacam restribusi untuk masuk kedalamnya. Kalu berkunjung Kee Pematanngsiantar jangan lupa singgah di Vihara Avalokistevara.

  • Bagikan