Bawaslu Sumut Ambil Alih Pelantikan 536 Panwas TPS Siantar

  • Bagikan

Pematang Siantar, Batak Today 

Pasca DKPP memutuskan pemberhentian dua komisioner Panwaslih Kota Pematang Siantar, yakni Manoaris Sitindaon dan Elpina, serta pemberhentian sementara Ketua Panwaslih Darwan Saragih, komisioner Bawaslu Sumut mengambil alih pelantikan 536 Panwaslih TPS Kota Pematang Siantar yang berlangsung di Balai Bolon GKPS Jalan Pdt J Wismar Saragih, Rabu (18/11).

Pelantikan personil yang sebelumnya direkrut Darwan Cs ini, dilakukan langsung Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan.

Pelantikan dibuka dengan terlebih dahulu menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan nama-nama 536 Panwaslih TPS Kota Pematang Siantar yang akan dilantik.

Setelah itu dilakukan pembacaan janji untuk melakukan pekerjaan secara jujur yang dipimpin oleh Ketua Panwaslih Kecamatan Siantar Utara, Romedi Saragih, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah oleh pemuka agama sesuai agama yang dianut anggota Panwaslih TPS.

Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan dalam sambutannya mengatakan, Panwaslih TPS sebagai pengawas di tempat pemungutan suara (TPS) merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pilkada.

“Maka kami mengharapkan agar Panwaslih TPS bekerja sesuai dengan aturan,” katanya.

Dalam waktu dekat, kata dia, Bawaslu akan mengadakan bimbingan teknis terhadap Paswaslih TPS melalui Panwaslih Kecamatan untuk mengetahui kewajiban, tugas dan tanggung jawab Panwaslih TPS dalam bekerja.

“Dasar kita bekerja sebagai pengawas TPS adalah Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015 tentang penyelengaraan Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Surat Badan Pengawas Pemilhan Umum No. 3 tahun 2015, dan Peraturan Bawaslu No. 10 tahun 2010,” tegasnya. (EM).

Foto: Proses pelantikan Panwaslih TPS di Balai Bolon GKPS, Jalan Pdt J Wismar Saragih, Pematang Siantar, Rabu (18/11). (bataktoday/em). 

  • Bagikan