Kadis Peternakan Humbahas Jarang Masuk Kantor

  • Bagikan

Humbahas,BatakToday

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Karminton Hutasoit, dalam beberapa bulan terakhir jarang masuk kantor, bahkan telepon selulernya pun kerap tak bisa dihubungi stafnya untuk suatu keperluan dinas yang penting.

Pantauan BatakToday, Rabu (18/11) pagi hingga siang, satuan kerja yang mengurusi peternakan, perikanan dan kesehatan hewan itu terlihat lengang.

Salahsatu petugas tata usaha yang tak ingin disebut namanya, mengaku kantornya kerap kosong. Tak hanya bagian tata usaha, unit lain seperti bidang kesehatan hewan, bidang peternakan dan bidang perikanan juga mengalami hal yang sama.

“Kita kurang tahu, pegawai kantor ini ke lapangan atau kemana. Kalau ke lapangan, setidaknya ngantor dulu untuk administrasi,” cetusnya.

Senada, NM, salahsatu petugas keuangan di kantor itu mengaku, kadisnya jarang masuk kantor. Kalau pun datang ke kantor, sepertinya hanya sebatas mengisi absensi.

Kata dia, selain jarang masuk kantor, mantan Kadis Pertanian itu juga kerap mematikan telepon selulernya.

“Sampai sekarang kita tidak mengetahui nomor ponselnya Pak Kadis. Kalau ada nomor ponselnya dikasi sama kita, sebentar lagi nomor tersebut sudah tidak aktif. Akibatnya pekerjaan kita sering terbengkalai,” tukasnya.

Dalam kesempatan yang sama, warga Dolok Sanggul, Felix Siregar, kepada BatakToday mengaku kesal dengan pelayanan Dinas Peternakan dan Perikanan Humbahas. Felix mengatakan, saat  hendak berurusan ke kantor tersebut, kerap kali gagal karena kepala dinas tidak berada di kantor.

“Kita kesal bolak-balik ke kantor ini. Kita ada urusan dengan bidang perikanan, tapi yang bersangkutan tidak di kantor. Kata staf di kantor itu Kabid Perikanan lagi tugas luar. Kita curiga, tugas luar dan ke lapangan merupakan alasan klasik staf di kantor Disnakkan Humbahas untuk menghindari pelayanan ke masyarakat,” keluh Felix.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Karminton Hutasoit ketika dihubungi tidak berhasil, karena nomor telepon seluler yang bersangkutan tidak aktif.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Humbahas, Saul Situmorang ketika dikonfirmasi, menyayangkan sikap bawahannya jika hal itu benar terjadi. Namun dirinya akan memastikan kebenaran informasi tersebut.

“Jika benar kepala dinas yang dimaksudkan jarang masuk kantor, itu sangat kita sayangkan. Akan tetapi kita akan mencoba mengecek info tersebut, apa benar yang bersangkutan tidak masuk atau sedang melaksanakan tugas lapangan. Jika memang benar demikian, maka PP 53 tahun 2010 akan kita berlakukan kepada yang bersangkutan,” tegasnya. (FT)

Foto: Kantor Dinas Peternakan dan Perikanan Humbahas. (bataktoday/ft).

  • Bagikan