Tolak PP 78, Buruh Geruduk Kantor Gubsu

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Puluhan buruh yang tergabung dalam Forum Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) melakukan aksi unjukrasa ke Kantor Gubernur Sumatera Utara, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (18/11).

Massa menuntut pemerintah pusat, sebagaimana juga telah ditandatangani Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk menolak Peraturan Pemerintah Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan.

“Kita sudah sepakat dengan pemerintah provinsi untuk menolak PP tersebu. Tapi pemerintah pusat belum meresponnya, bahkan PP tersebut masih belaku. Maka kita meminta agar pemerintah pusat meresponnya,” ujar Budi Syafriansyah, Koordinator FSPMI Wilayah Deli Serdang kepada wartawan.

Aksi ini, lanjutnya, merupakan bentuk perlawanan kepada pemerintahan jika tuntutan buruh belum direalisasikan. Bahkan, jika tuntutan ini tak kunjung direspon, maka buruh tak akan diam dan pasrah.

“Kita akan lakukan aksi bersama dengan Gerakan Buruh Indonesia untuk mogok kerja missal. Kita pastikan perusahaan dan objek produksi lainnya tak beroperasi pada 24-27 November,” katanya.

Buruh menilai, upah yang diberlakukan saat ini khususnya di Sumatera Utara sangat rendah, sehingga keberadaan buruh selalu dianggap rendah.

“Kita mau upah naik 25-30 persen dari kondisi saat ini,” ujarnya. Sebab, lanjutnya, harga kebutuhan pokok terus naik dan menggerus daya beli kaum buruh.

Aksi diisi dengan orasi dari sejumlah orator menggunakan pengeras suara. Akibat aksi buruh, Jalan Diponegoro sempat ditutup sementara untuk umum.

Setelah menyampaikan orasi, massa membubarkan diri dan berjanji akan kembali melakukan aksi jika tak kunjung ada perubahan. (AFR)

Foto: Budi Syafriansyah, Koordinator FSPMI Wilayah Deli Serdang saat memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (18/11). (bataktoday/afr).

  • Bagikan