Bisa Jadi Idola Anak Didik, Kunci Sukses Guru

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Seorang guru dikatakan berhasil jika bisa menjadi idola bagi anak didiknya. Hal itu diungkapkan Yusniati, seorang dari lima guru berprestasi yang menerima penghargaan satu unit sepedamotor dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera Medan.

“Kita harus bisa menjadi idola bagi murid. Jika saya menjadi idola bagi siswa, tentu akan mudah mengajar dan mengarahkan siswa,” ujar guru SDN 104213 Deli Tua ini, usai menerima penghargaan di Kantor PT Jasa Marga (persero) Tbk Medan, Kamis (19/11).

Menurut Yusniati, globalisasi ada di genggaman anak-anak. Globalisasi sendiri ibarat pedang bermata dua. Di satu sisi memberi peluang bagi anak untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan pergaulan yang nyaris tanpa batas, namun di sisi lain ada ancaman besar yang juga dapat merusak masa depan anak.

Yusni menjelaskan, akan sulit mengontrol anak jika hanya dengan teguran dan kata-kata. Untuk itu, pendampingan guru dan orangtua terhadap anak menjadi suatu keharusan.

Anak, lanjut Yusni, bukan saja hidup di lingkungan sekolah, justru lebih lama hidup sehari-hari di lingkungan keluarga dan masyarakat. Peran orangtua dan masyarakat sekitar sangat besar bagi pendidikan anak.

Ketika diminta tanggapan atas penghargaan yang diterimanya, Yusniati merendah dan merasa belum berbuat apa-apa dalam pengabdiannya.

“Mudah-mudahan ini menjadi motivasi lagi bagi saya, dan juga guru yang lain,” ujarnya.

Empat guru lain penerima penghargaan sepedamotor, yakni Syarifah Hanum (TK Pancabudi Medan), Jamilah (SDI An Nizam Medan Denai), Jumilah (TK Novi Ade Tanjung Morawa), dan Nurhaidah Situmorang (SDN 105855 PTPN II).

Penyerahan sepedamotor dilakukan oleh General Manager PT Jasa Marga (persero) Tbk Cabang Belmera, Setia Budi, yang mengatakan bahwa program tersebut merupakan bentuk keperdulian PT Jasa Marga (persero) Tbk terhadap dunia pendidikan.

“Ini sebagai bentuk sumbangsih kami untuk turut mencerdaskan bangsa. Profesi guru adalah profesi yang mulia. Kami berkewajiban memberikan sedikit kebahagiaan,” ujar Setia Budi. (AFR)

Foto: General Manager PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Belmera, Setia Budi, foto bersama dengan 5 guru berprestasi penerima penghargaan sepedamotor di aula Kantor PT Jasa Marga (persero) Tbk Cabang Belmera, Medan, Kamis (19/11).

  • Bagikan