Suka Mencuri, Anak Dilaporkan Ibunya ke Polisi

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Guna memberikan efek jera agar tak suka mencuri, Ana boru Panggabean (50) melaporkan putranya, Andre Nababan (15) ke Polresta Pematang Siantar, Rabu (18/11).

Tak lama, polisi pun membawa Andre Nababan dari rumah orang tuanya di Jalan SKI, Kelurahan Aek Nauli, Kecamatan Selatan, Pematang Siantar.

Andre ditangkap saat tertidur pulas di dalam kamarnya, langsung dibawa ke Polres Pematang Siantar untuk dimintai keterangan.

Di ruangan Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Ana mengaku resah dengan sikap Andre yang suka mengancamnya dan mencuri barang-barang di rumah.

Kesabaran Ana habis saat, Andre mencuri dua unit telepon seluler (ponsel) miliknya, Kamis (10/11) lalu.

“Sering mencuri di rumah anakku itu. Stres aku dibuatnya. Jualanku di rumah habis semua dicuri. Mulai dari rokok, beras, dan terakhir dua ponselku pun diambilnya. Ponselku dijualnya cuma 200 ribu, padahal kubeli satu jutaan.Habis itu dua hari tak pulang ke rumah,” ungkap Ana.

Namun di balik semua itu, Ana mengadukan putranya ke kantor polisi agar membuat efek jera. Dia berharap putranya itu tidak mengulangi perbuatan serupa.

“Tak ada niatku sedikit pun untuk penjarakan anak. Hanya untuk buat efek jera saja, supaya ke depan hari dia tak mengulangi perbuatannya,” kata Ana.

Ana sendiri hidup menjanda, sepeninggal suaminya, Nababan, 5 tahun silam. Dia menghidupi 5 anaknya dengan berjualan kelontong di rumah. Andre tinggal bersama Ana. Empat anaknya yang lain kuliah di luar kota.

Pantauan BatakToday di ruang SPKT Polres Pematang Siantar, Andre membuat penyataan tertulis di hadapan orang tuanya disaksikan petugas polisi, isinya tidak akan melakukan pencurian dan pengancaman terhadap orang tua. Jika di kemudian hari melakukan perbuatan tersebut, Andre bersedia dituntut sesuai hukum yang berlaku di Indonesia.

Kanit SPKT, Ipda R Nainggolan, membenarkan pengaduan Ana. “Orang tua tak melapor. Hanya membuat surat perjanjian supaya anaknya jangan mengulangi perbuatannya,” kata Nainggolan. (AB).

Foto: Ilustrasi. 

  • Bagikan