TPL dan Warga Pollung Tanam Bibit Haminjon

  • Bagikan

Humbahas, BatakToday

PT Toba Pulp Lestari Tbk (TPL) bersama masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) melakukan penanaman 2.000 batang bibit haminjon (kemenyan) di Tombak Simonggom, Kecamatan Pollung, Humbahas, Selasa (17/11).

“Bibit unggul tanaman kemenyan itu ditanam di lahan satu hektar yang merupakan bagian dari konsesi PT TPL,” kata Humas PT TPL, Andre Hutabarat.

Dia mengemukakan, penanaman bibit kemenyan ini merupakan kegiatan bersama dengan masyarakat Kecamatan Pollung setelah sebelumnya juga melakukan penanaman di Tombak Sitangi pada Februari lalu, di areal sekitar 0,5 hektar di RD 419, masuk wilayah administrasi Kecamatan Parlilitan.

Penanaman dilakukan secara bersama, antara PT TPL dengan 13 orang wakil petani dan didukung Camat Halim Sinabutar serta 3 orang anggota DPRD Humbahas, termasuk Wakil Ketua DPRD Marsono Simamora.

Beberapa waktu yang lalu, Direktur PT TPL Juanda Panjaitan mengungkapkan, penanaman akan berlanjut di kecamatan lain di hutan tanaman industri (HTI) Sektor Tele. Pada Juni 2015 lalu,  PT TPL juga bersama masyarakat Kecamatan Pollung telah melakukan penanaman 1.000 bibit kemenyan.

Andre Hutabarat menyebutkan, budidaya haminjon yang menggunakan bibit kloning (clone) dari pusat pembibitan di komplek pabrik PT TPL di Parmaksian, Tobasa, merupakan salah satu komitmen perusahaan untuk memperkaya jumlah pohon haminjon di areal konservasi berfungsi lindung, serta tegakan-tegakan yang dilindungi di blok-blok kerja HTI untuk terus dapat diambil hasilnya oleh petani.

“Produktivitas haminjon alam cenderung menurun karena ketiadaan peremajaan,” kata Andre.

Andre mengatakan, gerakan budidaya ini merupakan  bentuk kolaborasi antara perusahaan dengan petani dengan dukungan pemerintah lokal.

Menurut Andre, langkah ini merupakan solusi yang sangat dianjurkan oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Tujuannya agar pembangunan HTI tidak menjadi faktor yang mendegradasi keberadaan pohon haminjon sebagai tanaman kehidupan, sebagaimana dicemaskan sebagian petani,  melainkan sebaliknya justru melindungi dan memperkaya.

“Pihak kementerian sendiri yang menganjurkan kolaborasi perusahaan, masyarakat dan pemerintah lokal untuk mencapai trilogi kehutanan, yakni produktivitas hutan sebagai sumber ekonomi,  faktor kelestarian lingkungan dengan pengelolaan secara bertanggung jawab, serta manfaat sebesar-besarnya bagi rakyat,” ujar Andre di sela-sela kegiatan penanaman.

Kepala Dinas Kehutanan Humbahas, Laurensius Sibarani, me salut dengan perhatian PT TPL untuk pelestarian tananam haminjon.

“Saya anak yang dibesarkan dari hasil kemenyan, namun saya tidak bisa menjelaskan tentang kemenyan seperti yang diterangkan oleh Direktur TobaPulp ini,” ujarnya.

Dia menyebut, dulu para petani harus berjalan selama 7 jam agar bisa tiba di lokasi pohon kemenyan. Namun saat ini, para petani sudah bisa naik kendaraan menuju pohon kemenyan berkat jalan yang dibuka oleh PT TPL di areal konsesinya.

Camat Pollung, Sumitro Banjarnahor mengatakan, Tombak Simonggom merupakan hutan Negara, hanya untuk jangka waktu tertentu diberikan hak pengusahaannya kepada PT TPL.

Ia berharap, masyarakat tidak memaksakan kehendak agar tidak terjadi konflik. Faktanya, meski berada di dalam konsesi perusahaan, sebagai sempadan sungai dan greenbelt, tetapi hal itu tidak menjadi halangan untuk bisa ditanami haminjon dan hasilnya kelak untuk petani juga.

“Mari kita bekerja sama dan berhentilah berkeluh-kesah,” katanya.

Ia memastikan, penurunan produktivitas getah haminjon disebabkan tiadanya peremajaan, dan karena itu budidaya adalah jawabannya.

Direktur PT TPL, Juanda Panjaitan didampingi jajaran manajer, Tagor Manik, Jasmin Parhusip dan Karman Sirait menyebutkan, penanaman haminjon cukuplah menjadi bukti kesungguhan perusahaan memperkaya hutan konsesi dengan tanaman kemenyan hingga sebanyak-banyaknya demi kepentingan masyarakat.

“Singkat kata, faktanya TPL hadir di sini untuk memperbanyak dan bukannya mengurangi atau menghabisi haminjon seperti yang digunjingkan orang-orang,” katanya. (FT)

Foto: Kepala Dinas Kehutanan Humbahas, Laurensius Sibarani, melakukan penanaman pohon kemenyan didampingi Direksi PT TPL, Juanda Panjaitan. (bataktoday/ft).

  • Bagikan