KPU Humbahas Berpacu dengan Waktu

  • Bagikan

Dolok Sanggul,BatakToday

Carut-marut sengketa penetapan pasangan calon yang akan mengikuti pemilihan kepala daerah selama berbulan-bulan diperkirakan mengganggu pelaksanaan rangkaian tahapan pemilihan kepala daerah tahapan (pilkada) Kabupaten Humbang Hasundutan. Selain pelaksanaan beberapa agenda yang telah dijadwalkan, penyiapan surat suara dan logistik lain dalam pelaksanaan pemilihan tanggal 9 Desember  menjadi krusial karena paslon yang ikut bertarung juga berubah dari waktu ke waktu.

Namun demikian, KPUD Humbahas optimis akan segera mengejar seluruh tahapan pilkada yang belum terlaksana, demikian juga pengadaan kertas suara dan logistik dipastikan akan selesai dan terdistribusi dengan baik dan tepat waktu.

Hal itu diungkapkan Ketua KPUD Humbahas, Leonard Pasaribu kepada BatakToday melalui saluran selulernya, Kamis (19/11).

Leonard menegaskan, mengingat pelaksanaan pilkada semakin dekat, pihaknya mengaku akan segera mengejar sejumlah tahapan yang sebelumnya tertunda karena sengketa pilkada paslon    Palbet-Henri (Paten) dan Harry-Momento (Harmoni).

Dijelaskan, pasca penetapan dan pemberian kembali nomor urut 4 kepada Paten  dan nomor urut 5 kepada Harmoni, pihaknya tengah melakukan perencanaan pencetakan alat peraga kampanye (APK) kepada paslon bupati-wakil bupati yang diusung partai Golkar itu.

“Terkait APK, kita tengah menunggu desain dari kedua paslon itu,” jelas Leonard.

Untuk pencetakan surat suara, kata Leonard, pihaknya telah menyurati lima paslon bupati- wakil bupati yang akan bertanding untuk menyerahkan foto terbaru yang diperlukan untuk proses pencetakan surat suara.

“Sesuai tahapan pilkada, tanggal 6 Desember surat suara dan logistik lainnya sudah harus di KPU. Selanjutnya tanggal 7 hingga 8 Desember, surat suara dan logistik itu didistribusikan ke 375 TPS yang tersebar di Humbahas,” rinci Leonard.

Tentang pelaksanaan debat kandidat, mantan Ketua PPK Kecamatan Dolok Sanggul itu mengatakan, pihaknya tengah mencari panelis dalam debat tersebut. “Mudah-mudahan debat kandidat dapat terlaksana akhir November mendatang,” tambahnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pasca sengketa pilkada yang diajukan pasangan Palbet Siboro-Henri Sihombing  (Paten) dan pasangan Harry Marbun-Momento Sihombing (Harmoni), KPU Kabupaten Humbahas akhirnya menetapkan pasangan Paten sebagai pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Humbahas.

Hal ini dilakukan untuk menindaklanjuti putusan Panwaslih Kabupaten Humbahas Nomor 3/PS/PWSL.HBH.02.13/XI/2015 tertanggal 10 November 2015.

Selain menetapkan pasangan calon Paten, KPU Kabupaten Humbahas juga mengumumkan penetapan nomor urut dan nama pasangan calon dalam daftar pasangan. Nomor 4 diberikan untuk pasangan Palbet-Henri, dan nomor  5 untuk pasangan Harri Marbun- Momento Sihombing.

Dalam pengumuman penetapan nomor urut  tersebut, KPU Kabupaten Humbahas menjelaskan, pasangan Palbet-Hendri  diusung Partai Golkar sesuai putusan Panwaslih Kabupaten Humbahas nomor 03/PS/PWSL.HBH.02.13/ XI/2015, sedang pasangan Harri-Momento diusung Partai Golkar sesuai putusan PT TUN Medan nomor 10/G/PILKADA/2015/ PT.TUN-MDN. (FT)

Foto: Ilustrasi

  • Bagikan