Saluran Drainase Jalan Cemara Jadi 'Tong Sampah'

  • Bagikan

Medan,BatakToday

Pemerintah Kota Medan terus menggencarkan pembersihan saluran drainase terlebih menjelang musim penghujan. Penjabat Wali Kota Medan Randiman Tarigan memimpin langsung pelaksanaan gotong royong, Sabtu (21/11), yang dilaksanakan di kawasan Jl Cemara, dari simpang Jl Gunung Krakatau hingga Parit Sulang Saling Sei Kera.

Tidak hanya sekedar ‘bertitah’, Randiman turut larut dalam aksi kebersihan lingkungan tersebut. Sejak Sabtu pagi, didampingi Kepala Dinas Bina Marga Khairul Syahnan ST, Camat Medan Timur Parulian Pasaribu, Danramil Medan Timur Kapten P Purba, beserta pimpinan SKPD di jajaran Pemerintah Kota Medan, pembersihan saluran air dilakukan dengan bantuan alat berat.

Selain sampah, drainase juga ditumbuhi gulma yang menutupi drainase, hingga terjadi genangan air. Kondisi ini yang kerap mengakibatkan kawasan tersebut banjir saat hujan turun.

“Kita ingin melihat akar permasalahannya, mengapa kondisi drainase di Jalan Cemara ini buruk sekali Apakah ada pembiaran, atau kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan. Kita harapkan dengan dilakukannya gotong royong bersama ini, akan memotivasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawan kita bersama terhadap kebersihan lingkungan” ujar Randiman.

Randiman juga mengajak para pedagang kaki lima di sepanjang Jalan Cemara untuk bersama-sama mejaga kebersihan lingkungan, jangan membuang sampah atau limbah dagangannya di parit.

“Saya minta tolong kapada ibu untuk tidak membuang sampah dagangannya di parit ini. Kumpulkan di kantong plastik, nanti Dinas Kebersihan akan mengangkutnya,” bujuk Randiman.

Selain drainase yang buruk, parit Sulang Saling Sei Kera juga seolah menjadi tempat pembuangan sampah para pedagang Pasar Cemara. Randiman meminta pihak pengelola pasar diminta agar mengawasi kebersihan lingkungan sekitar.

“Pengelola pasar kita harapkan ikut bertanggungjawab, mengelola kebersihan pasar dan mengawasi pedagang supaya tidak buang sampah sembarangan,” ujarnya. (AFR)

Foto: Penjabat Wali Kota Medan Randiman Tarigan turut mengutip sampah yang ada di dalam saluran drainase.

  • Bagikan