Polisi Militer Amankan 15 Bal Ganja dari Loket Bus ALS

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Petugas Detasemen Polisi Militer (Denpom) I/1 Pematang Siantar mengamankan 15 paket ganja kering seberat 15 kilogram dari pinggiran Jalan Sisingamangaraja, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Pematang Siantar persis dekat loket angkutan umum Antar Lintas Sumatera (ALS), Senin (23/11) pukul 09.30 WIB.

Ganja siap edar ini tersimpan dalam tas koper merek Polo King warna cokelat. Tas tersebut menurut pengakuan Safari (56), seorang tukang becak bermotor, diturunkan seorang pria tak dikenal saat bus ALS dari Medan menuju Kota Padang, tiba pada Minggu (22/11) pukul 16.00 WIB.

“Sore itu kulihat seorang laki-laki ukuran badan sedang, kulit hitam turun dari bus ALS menenteng tas koper itu,” ucap Safari, yang tiap hari mangkal di seputaran loket bus ALS.

Safari menceritakan, setelah diturunkan, tas diletakkan di pinggiran jalan di bawah pohon. Lalu laki-laki itu berjalan ke atas untuk membeli minuman. Selanjutnya dia menelepon seseorang melalui telepon seluler.

“Aku tak tak tahu apa diomonginya,” terangnya. “Lepas itu laki-laki yang bawa tas itu tak kelihatan lagi. Tapi tas koper masih ada di bawah pohon, sekitar dua jam lebih tas itu terletak tanpa diambil pemiliknya,” sambung Safari yang mengaku sudah 25 tahun sebagai penarik beca motor.

Selanjutnya, Safari mengabari ke petugas loket ALS terkait tas tersebut. Tas tersebut dititip sementara di loket ALS menunggu pemilik datang menjemput.

Sampai Senin (23/11) pukul 09.00 WIB tas koper itu belum ada yang menjemput. Kecurigaan pun muncul, kemudian mandor ALS, Ahmad Sofian Pane (49) warga Jalan Hulu Balang, Kelurahan Martoba kecamatan Siantar Martoba, membuka paksa tas tersebut.

“Pas dibuka, di atas ada baju anak kecil beberapa potong, baju kemeja lengan panjang warna biru dan putih, celana jeans. Kuperiksa lagi ada bungkusan lakban berbentuk petak ukuran batu bata. Kulihat bentuknya aneh seperti paketan ganja, lalu kuhubungi kawan PM untuk datang ke loket,” terang Ahmad.

Mendapat informasi berharga, petugas Denpom I/1 dipimpin Komandan Unit 1 Idik, Lettu CPM Almuhar Chaniago bersama tiga orang anggotanya langsung terjun ke lokasi dan mengamankan koper yang berisikan ganja tersebut.

Komandan Denpom Pematang Siantar, Mayor CPM Sutrisno melalui Pasi litkrimdik Kapten CPM Zulkarnain Panjaitan membenarkan adanya temuan ganja tersebut.

“Pas kita cek, kita pastikan 15 bungkus bal itu berisikan narkoba jenis ganja. Selanjutnya ganja ini kita bawa ke Mako Denpom dan nanti akan diserahkan ke Badan Narkotika Siantar,” ucap Zulkarnain. (AB)

Foto:Ganja yang diamankan oleh Denpom I/1  Pematang Siantar(bataktoday/ab)

  • Bagikan