PWRI Harus Tampil Beda di Humbahas

  • Bagikan
Humbahas, BatakToday-

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Porman Tobing menyampaikan pesan Ketua Umum PWRI, Suryanto PD, yang meminta seluruh pengurus dan anggota organisasi profesi untuk mengembangkan dan meningkatkan kualitas kelembagaan di masing-masing daerah.

Hal itu disampaikan Porman, di Dolok Sanggul, Kabupaten Humbahas, Senin (23/11), sepulang mengikuti musyawarah kerja nasional (mukernas) pertama PWRI di Jakarta baru-baru ini. “Itu dimaksudkan supaya warna dan jati diri lembaga profesi ini benar-benar memberikan keistimewaan tersendiri dan tampil beda dibanding organisasi jurnalis lainnya yang ada di Indonesia,khususnya di Kabupaten Humbahas,” kata Porman.

Porman mengatakan, PWRI akan memberikan perlindungan bagi seluruh anggota PWRI dalam menjalankan tugas jurnalistik, mengingat tak jarang para jurnalis mendapat perlakuan yang kurang baik saat melakukan tugas peliputan. Selainitu,PWRI juga akan meningkatkankualitasketerampilanparapengurusdananggotauntukmenjadijurnalisyangprofesional.

“Saya sangat berharap, kita selaku pengurus PWRI di Humbahas dapat mengembangkan organisasi ini dengan baik,” katanya.

Sehingga nantinya, sambung Porman, PWRI sebagai lembaga profesi yang baru saja berdiri benar-benar memberikan kontribusi bagi pemerintah dan masyarakat secara nyata, terutama mengingat paradigma publik tentang eksistensi wadah kewartawanan di Indonesia selama ini kurang positif, terlebih-lebih di Kabupaten Humbahas.

“Untuk itu menjadi catatan bagi semua rekan, bahwa besarnya suatu organisasi merupakan tanggung jawab bersama. Maka dari itu, sudah saatnya kita menunjukkan kepada publik bahwa kesatuan pers memiliki kekuatan yang dahsyat di dalam kemajuan suatu bangsa dan negara,” ujar wartawan senior itu.

Hanya saja,dia mengingatkan,semua itu dapat dibuktikan melalui kekompakan seluruh komponen di dalam organisasi dengan mengelola program kerja PWRI yang berdaya guna serta memberikan dampak yang luas dan positif kepada publik dengan tetap mempedomani aturan dan ketentuan yangberlaku.

Koko Syahputra, salah seorang wartawan yang bergabung dengan PWRI Kabupaten Humbahas mengakui manfaat kehadiran organisasi profesi kewartawanan itu.

“Hadirnya PWRI memberikan manfaat yang cukup besar bagi rekan-rekan wartawan seperjuangan. PWRI mengakomodir secara nyata dan langsung, segala unek-unek para rekan jurnalis dalam melaksanakan tugas sebagai pers. Di dalam tubuh organisasi PWRI ini, kita dibentuk menjadi pribadi jurnalis yang memiliki dedikasi dan profesional, serta mengedepankan solidaritas yang tinggi terhadap sesama anggota yang mengalami hambatan dan pelecehan saat bertugas. Itulah PWRI, mungkin beda dengan organisasi lain,” cetusnya. (FT)

Foto : Ketua DPC PWRI Kabupaten Humbahas, Porman Tobing (kiri) bersama dengan Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PWRI, Suryanto PD saat mukernas di Jakarta. (bataktoday/ft)

  • Bagikan