Menteri Bambang Optimis Target Pertumbuhan Ekonomi Tercapai

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Menteri Keuangan RI Bambang Brodjonegoro optimis target pertumbuhan ekonomi tahun 2015 akan tercapai. Tiga indikator disebutkannya menjadi ukuran tercapainya target di angka 4,7-5,1persen.

Bambang menjelaskan, tiga indikator yang bertumbuh ialah konsumsi pemerintah, investasi, dan konsumsi yang relatif stabil.

“Insya Allah, dengan angka pada triwulan III sudah 4,73 persen, pasti bisa. Dan sudah kelihatan beberapa indikator yang bertumbuh, konsumsi pemerintah,  investasi, konsumsi yang stabil,” ujar Bambang kepada wartawan di Medan, Rabu (25/11).

Diyakininya, perbaikan ekonomi di kwartal IV akan didukung belanja pemerintah seiring dengan berjalannya proyek pembangunan infrastruktur tahun 2015. Perbaikan ekonomi sejalan dengan perkiraan ekonomi dunia yang diperkirakan akan tumbuh membaik di 2015, yakni 3,8 persen, lebih tinggi dari tahun sebelumnya 3,3 persen.

Lebih lanjut dikatakan Bambang, untuk ke depan, perlu dijaga stabilitas nilai tukar rupiah sambil menjaga dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebelumnya, pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2015 diperkirakan tumbuh di angka 5-5,4 persen. Namun setelah melihat pertumbuhan kuartal II, sebagaimana disampaikan Bank Indonesia, pemerintah merevisi target tersebut, yang disampaikan Gubernur BI Agus D W Martowardojo Selasa 25 Agustus yang lalu.

“Untuk 2015 pertumbuhan ekonomi di kisaran 4,7-5,1 persen atau lebih rendah dari perkiraan sebelumnya yakni 5-5,4 persen,” ujar Agus kala itu. (AFR)

Foto: Menteri Keuangan RI, Bambang Brojonegoro.

  • Bagikan