Pemko Siantar Gelar Bimtek Pengadaan Barang dan Jasa

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Penyelenggaraan proses pengadaan barang dan jasa pemerintah harus bisa cepat, efektif, efisien, akuntabel serta mengutamakan prinsip persaingan usaha yang sehat dan transparan.

Dengan begitu, semua pihak mendapatkan perlakuan yang adil sesuai amanat Peraturan Presiden Nomor 54 tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah serta perubahaannya, Peraturan Presiden Nomor 4 tahun 2015.

Demikian diutarakan Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Pematangsiantar, Donver Panggabean, yang diwakili Asisten Administrasi Umum, Baren Alijoyo Purba, saat membuka acara bimbingan teknis (bimtek) implementasi peraturan dimaksud. Bimtek ini dikhususkan bagi anggota unit layanan pengadaan barang dan jasa, bertempat di Siantar Hotel Jalan WR Supratman, Pematangsiantar, Rabu (25/11).

Ketua Panitia, Corry Purba mengatakan, kegiatan bermaksud untuk memberikan pedoman pengaturan mengenai tata cara pengadaan barang dan jasa yang jelas, komprehensif dan sederhana, sesuai dengan tata kelola yang baik.

“Kegiatan yang berlangsung sehari ini juga bertujuan agar para personel di unit layanan pengadaan barang/jasa pemerintah, pejabat pembuat komitmen (PPK) dan pejabat pengadaan memahami proses dan pelaksanaan barang/jasa pemerintah,” kata Corry.

Menurut dia, dalam kegiatan ini, para peserta yang berjumlah 100 orang dari unit-unit layanan pengadaan Pemko Pematangsiantar, juga dibekali dengan model epurchasing atau tata cara pembelian barang/jasa melalui sistem katalog elektronik.

Narasumber dalam kegiatan ini adalah Lintong Janji Natogu Sinambela, dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Jakarta.

Materi yang dibahas di antaranya, Penyusunan Spresifikasi dan Harga Perkiraan Sendiri (HPS); Kontrak Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah; serta Pengadaan Langsung Kendaraan Dinas dengan epurchasing. ™

 

Foto:Kegiatan Bimtek pengadaan barang dan jasa yang digelar Pemko Pematangsiantar di Siantar Hotel, Rabu (25/11). (bataktoday/tm).

  • Bagikan