Pagi ini KPU Siantar Umumkan Tindaklanjut Rekomendasi Bawaslu Sumut

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Setelah melakukan konsultasi ke KPU Provinsi Sumatera Utara dan KPU RI yang memakan waktu tiga hari, pagi ini Jumat (27/11), KPU Kota Pematang Siantar dijadwalkan akan mengumumkan keputusan lembaga tersebut sebagai tindaklanjut surat rekomendasi Bawaslu Sumut terkait putusan DKPP Nomor 61/DKPP-PKE-IV/2015

Demikian sumber BatakToday di KPU Pematang Siantar menginformasikan beberapa waktu yang lalu. Sumber tidak bersedia merinci isi keputusan yang diambil KPU Pematang Siantar.

Sumber lain di Polresta Pematang Siantar membenarkan informasi pengumuman keputusan KPU Siantar pagi ini.

“Kita status siaga satu menjelang pengumuman KPU Siantar,” ujarnya singkat.

Sebagaimana telah diberitakan, Bawaslu Sumut ternyata tidak melakukan koreksi langsung atas putusan Panwaslih Kota Pematang Siantar, dan hanya memberikan rekomendasi kepada KPU Kota Pematang Siantar untuk mengoreksi sendiri keputusan lembaga tersebut atas penetapan pasangan Survenov-Parlin menjadi peserta Pilkada Kota Pematang Siantar tahun 2015.

Rekomendasi Bawaslu tersebut tidak sejalan dengan isi putusan DKPP Nomor 61/DKPP-PKE-IV/2015 yang secara implisit memerintahkan Bawaslu Sumut untuk melakukan koreksi atas putusan rekomendasi Panwaslih Kota Pematang Siantar, untuk selanjutnya ditindaklanjuti KPU Kota Pematang Siantar.

Rekomendasi mengambang dari Bawaslu Sumut memaksa KPU Kota Pematang Siantar melakukan konsultasi ke KPU Sumut dan KPU RI.

Jurnalis BatakToday dari kawasan Kantor KPU Pematang Siantar pagi ini melaporkan, aparat kepolisian mulai mengatur posisi pengamanan di sekitar kantor KPU Pematang Siantar. (AT/ajvg)

Foto: Suasana Kantor KPU Kota Pematang Siantar Jalan Porsea jelang pengumuman keputusan tindak lanjut rekomendasi Bawaslu Sumut kelihatan masih lengang, Jumat (27/11) pagi. (bataktoday/at)

  • Bagikan