PT BNE Akan Bangun Pembangkit Listrik di Tobasa

  • Bagikan

Toba Samosir, BatakToday

PT Binsar Natorang Energi (BNE) akan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Hasang di Kabupaten Toba Samosir dengan memanfaatkan aliran Sungai Aek Hualu dengan kapasitas 3 x 13 Mega Watt (MW).

PLTA Hasang dibangun guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Kabupaten Toba Samosir khususnya Kecamatan Nassau.

Rencana pembangunan PLTA Hasang ini disampaikan Presiden Direktur PT BNE, Kang Jee Hoon dan manajer proyek Liza Januar di hadapan Penjabat Bupati Toba Samosir, Hasiholan Silaen di Balige, Jumat (27/11).

Liza Januar mengatakan, PLTA Hasang akan melibatkan tiga desa, yakni Desa Lumban Rau Utara, Desa Lumban Rau Tenggara, dan Desa Siantarasa, Kecamatan Nassau. Sejauh ini pihaknya sedang mempersiapkan segala izin yang dibutuhkan untuk pembangunan dimaksud.

 “Segala izin yang dibutuhkan agar pembangunan PLTA ini segera terealisasi, akan kami lengkapi dan persiapkan semaksimal mungkin. Kami sangat berharap kepada bapak Bupati dan dinas terkait untuk dapat membantu apa yang dibutuhkan untuk hal itu,” kata Liza.

Presiden Direktur PT BNE Kang Jee Hoon, dalam kesempatan itu menyampaikan terimakasih kepada Pemkab Toba Samosir, atas dukungannya untuk pembangunan PLTA Hasang tersebut.

“Pembangun PLTA ini sangat didukung oleh masyarakat Nassau dan mereka sangat menunggu realisasi proyek pembangkit listrik ini untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di sana,” ujarnya.

Dikatakannya, jika segala sesuatunya sudah terpenuhi,jika tidak ada halangan, pengerjaan proyek PLTA Hasang ini akan dimulai 15 Desember 2015.

Penjabat Bupati Toba Samosir, Hasiholan Silaen, menyambut baik dan sangat mendukung keinginan dan rencana PT BNE tersebut.

“Pemerintah Kabupaten Toba Samosirsangat mendukung sesuai koridor dan ketentuan, serta mengucapkan terimakasih atas kesediaan PT.BNE untuk memilih Kabupaten Toba Samosir sebagai lokasi investasi dalam merealisasikan pembangunan PLTA Hasang,” kata Hasiholan.

Hasiholan mengatakan, sebelum memulai pengerjaan proyek PLTA ini, PT BNE agar terlebih dahulu melengkapi segala izin yang diperlukan.

Dia katakana, PT BNE harus tetap melakukan koordinasi dengan Dinas PU, Dinas Kehutanan, Dinas Lingkungan Hidup dan Pertambangan, dan juga BPN Kabupaten Toba Samosir, sehingga nantinya proses pengerjaannya tidak menyalahi aturan dan hukum.

Audiensi PT BNE selaku pelaksana proyek PLTA Hasang dengan Penjabat Bupati Hasiholan Silaen tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas PU Toba Samosir Jhon Piter Silalahi, Kaban Lingkungan Hidup dan Pertambangan Parulian Siregar, Kabag Pembangunan, Jhonny Lubis dan Kabag Perekonomian Hasudungan Sipahutar. (AP)

Foto :

Presiden Direktur PT Binsar Natorang Energi (BNE), Kang Jee Hoon dan Manajer Proyek PLTA Hasang Liza Januar, saat beraudiensi ke Penjabat Bupati Toba Samosir Hasiholan Silaen, di ruang rapat mini kantor Bupati Tobasa, Jumat (27/11)

  • Bagikan