Debat Publik Paslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar Diwarnai Unjuk Rasa

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Debat kandidat paslon walikota dan wakil walikota Pematangsiantar di Convention Hall Siantar Hotel,  Senin (30/11) diwarnai unjuk rasa simpatisan Surfenov-Parlin, pasangan yang keikutsertaannya pada Pilkada Siantar 2015 dibatalkan KPU Kota Pematang Siantar pada 27 November 2015 lalu.

Unjuk rasa yang didominasi kaum ibu simpatisan Surfenov-Parlin ini berlangsung di depan pintu gerbang Siantar Hotel, Jalan WR Supratman.

Jeffry Pakpahan dalam orasinya mengatakan, eliminasi yang dilakukan terhadap paslon nomor urut 5 adalah skenario KPU Kota Pematang Siantar. Hal itu drasakannya selaku desainer alat peraga kampanye (APK) pasangan Survenof-Parlin.

Menurut Jeffry, desain APK Survenof-Parlin telah diserahkannnya kepada KPU Siantar pada 3 November. Namun dengan berbagai alasan, KPU Siantar menunda-nunda pencetakan APK, dan baru selesai pada tanggal 20 November, hanya beberapa hari menjelang surat rekomendasi Bawaslu Sumut atas koreksi putusan rekomendasi Panwaslih Siantar diterima KPU Siantar.

“Ini telah terskenariokan. Ada storyboard yang diciptakan oleh KPU Kota Pematang Siantar untuk menunggu waktu surat dari Bawaslu,” ujar Jeffry.

Orator lain, Dewi Latupeirissa, relawan Laskar Sarung menegaskan, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) telah melampaui wewenang dengan memerintahkan Bawaslu Sumut untuk melakukan koreksi terhadap putusan rekomendasi Panwaslih Kota Pematang Siantar yang bersifat final dan mengikat.

“DKPP itu pengadilan hanya untuk kode etik, bukan untuk mengoreksi. Jadi KPUD sendiri seharusnya menelaah itu,” terang Dewi kepada wartawan.

Pantauan BatakToday, para pengunjukrasa dengan bersemangat menyanyikan yel-yel Surfenov-Parlin. Setelah satu jam berunjuk rasa, massa membubarkan diri dengan tertib, dan menyatakan akan kembali melakukan aksi pada esok hari di kantor KPU Kota Pematang Siantar. (EM)

Foto: Suasana unjuk rasa simpatisan Survenof-Parlin di depan pintu gerbang Siantar Hotel, Jalan WR Supratman Pematang Siantar, Senin (30/11) sore. (bataktoday/em)

https://soundcloud.com/bataktoday-news/unjuk-rasa-simpatisan-survenof-parlin-pada-debat-publik-calon-wali-kota-dan-wakil-wali-kota-siantar-2015

  • Bagikan