Mangasi: KPU Siantar Hanya Jalankan Aturan

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Ratusan simpatisan Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga kembali mendemo KPU Kota Pematang Siantar, Selasa (1/12). Aksi demo ini merupakan yang ketiga kalinya pasca pencoretan pasangan tersebut yang dilakukan KPU Kota Pematang Siantar, Jumat, (27/11) lalu.

Sekitar setengah jam berdemo di depan kantor KPU Jalan Porsea, Pematang Siantar, tak ada satu pun komisioner KPU Kota Pematang Siantar menyambut massa.

Tak pelak, massa pun mencoba masuk untuk menerobos ke dalam kantor KPU Kota Pematang Siantar untuk  menjemput paksa komisioner. Polisi yang berjaga di gerbang pintu masuk kantor KPU sempat saling dorong dengan massa.

Setelah aksi saling dorong berlangsung beberapa saat, akhirnya pihak kepolisian memanggil Ketua KPU Kota Pematang Siantar, Mangasi Tua Purba.

Mangasi didampingi komisioner Batara Manurung menyambut massa dengan dikawal ketat oleh pihak kepolisian.

Jefri Pakpahan dalam orasinya meminta agar KPU Kota Pematang Siantar menjelaskan mengapa mereka mengeleminasi pasangan Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga.

Mangasi menjelaskan, pihaknya hanya menjalankan aturan dari surat penegasan rekomendasi Bawaslu Provinsi Sumut tertanggal  26 November  2015.

Dalam surat penegasan itu Bawaslu Provinsi Sumut menyebutkan, putusan sengketa Panwaslih Kota Pematang Siantar No. 004 tertanggal 12 Oktober adalah salah, keliru, dan dikategorikan cacat hukum sebagaimana dibuktikan dengan putusan DKPP RI.

“Bawaslu Sumut juga menegaskan, dalam membuat keputusan sengketa, Panwaslih Pematang Siantar tidak memperoleh bukti rekomendasi dari Partai Golkar Agung Laksono serta penetapan itu tidak memenuhi syarat (TMS) dan itu tidak bisa dibiarkan untuk menjamin dan memastikan pilkada bebas dari kesalahan dan cacat bawaan sejak awal,” terang Mangasi.

Tidak terima dengan penjelasan Mangasi, massa kemudian menghujat dan menyoraki dua komisioner itu. Akibatnya, keduanya pun meninggalkan massa dengan pengawalan ketat pihak kepolsian.

Tak lama, massa pun akhirnya membubarkan diri dengan tertib dan mengatakan akan datang lagi dengan jumlah yang lebih besar pada esok harinya. (EM)

Foto: Massa simpatisan Surfenov Sirait-Parlindungan Sinaga saat berdemo di depan kantor KPU Jalan Porsea Pematang Siantar, Selasa (1/12). (bataktoday/em).

  • Bagikan