Pasca Banjir, Taman Hewan Siantar mulai Bersih-bersih

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Pasca Banjir yang melanda kota Pematang Siantar, Selasa (1/12) malam, Taman Hewan Kota Pematang Siantar mulai bersih bersih dan memperbaiki kandang buaya yang rusak diterjang banjir bandang.

General Manager Taman Hewan Pematang Siantar Nandang Soidahkepada BatakToday menjelaskan,  dari empat ekor buaya yang lepas akibat banjir Selasa (1/12) malam, dua ekor telah ditemukan di kawasan Taman Hewan, dan  satu ekor ditemukan di aliran sungai belakang Gereja GKPS Jalan Sudirman. Sementara, satu ekor buaya tewas di dalam kandang yang tertutup kawat. Nandang menduga, buaya jenis muara itu kemungkinan mengalami stress dan menabrak kawat pembatas kandang sehingga tewas.

Bangunan bendung di hilir anak sungai yang membelah Taman hewan diduga menjadi penyebab tidak lancarnya aliran air ke Sungai Bah Bolon. (bataktoday/at)
Bangunan bendung di hilir anak sungai yang membelah Taman hewan diduga menjadi penyebab tidak lancarnya aliran air ke Sungai Bah Bolon. (bataktoday/at)

Selain buaya, empat ekor Nutria (tikus raksasa, red) dan dua ekor Burung Unta juga ikut lepas dan belum ditemukan. Satu ekor Nutria lainnya tewas dimangsa buaya pada saat terjadi banjir, disaksikan langsung oleh Nandang.

“Kita berharap kalau ada masyarakat yang melihat atau menemukan Nutria dan Burung Unta yang lepas ini, agar memberitahukan atau mengantar ke Taman Hewan Pematangsiantar, baik dalam kondisi masih hidup atau sudah mati. Dan kita akan memberikan kompensasi atas kerjasamanya,” kata Nandang.

Pantauan BatakToday, kerusakan kandang di taman hewan ini diduga akibat luapan air yang mencapai ketinggian 3 meter yang membawa banyak sampah serta batang pohon dengan ukuran lumayan besar.

Selain itu,aliran air sungai yang membelah kawasan taman hewandiduga tidak lancar mengalir ke arah sungai Bah Bolon, karena di hilir taman hewan terdapat bangunan bendung untuk mengalirkan air ke kolam milik pribadi.(AT)

Foto: General Manager Taman Hewan Pematang Siantar, Nandang Soidah. (bataktoday/at)

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”DDeTFpR3wSo”][/youtube]

  • Bagikan