Turunan Gulo: Orang Siantar Akan Memilih Program plus Figur

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday

Masyarakat Pematang Siantar akan memutuskan pilihannya pada pilkada tanggal 9 Desember mendatang setelah melakukan penilaian terhadap profil figur pasangan calon (paslon), dan selanjutnya menilai program yang diusung masing-masing paslon. Berdasarkan hasil penilaian atas kombinasi kedua aspek itu, pemilih akan memastikan paslon yang paling layak untuk memimpin Kota Pematang Siantar lima tahun ke depan.

Demikian rangkuman pendapat moderator Debat Publik Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Siantar 2015, Turunan Gulo, kepada BatakToday yang mencegatnya di selasar kamar Siantar Hotel, Senin (1/12), beberapa saat jelang pelaksanaan debat..

Mantan aktivis Kelompok Studi Mahasiswa Merdeka (KSMM, 1994-1999) ini menjelaskan, debat kandidat sore itu adalah yang keenam dan terakhir dia berperan sebagai moderator, dari seluruh rangkaian debat publik yang digelar dalam menyongsong pilkada serentak 2015 di Sumatera Utara.

Ketika ditanya pendapatnya tentang profil calon di Pilkada Siantar yang akan mengikuti debat, Gulo menanggapi diplomatis.

“Kita tidak menilai. Fungsi kita memandu. Moderator dilarang mengomentari, menilai, paslon.” jawabnya..

“Tentu masyarakat Kota Siantar yang pada akhirnya mengecek, yang mana program yang brilian dan dapat dilaksanakan . Dan tentu orang Siantar juga punya pertimbangan figur. Jadi, program plus figur.” lanjutnya.

Turunan Gulo saat ini aktif di Politica Institute, Medan. Ketika disinggung tentang rencana ke depan di bidang politik, Gulo mengatakan belum punya rencana yang spesifik.

“Belum ada rencana ke depan. Kita mengalir saja lah.” jawabnya tertawa lepas.

“Dalam pertandingan-pertandingan politik ini, kita harus hati-hati. Jadi, tidak usah dipaksakan. Karena implikasinya, salah satu kan budget. Kita kebetulan tidak punya budget yang bisa ditumpah-tumpahkan begitu saja untuk itu.” Tutur Gulo mengakhiri pembicaraan

Sebagaimna diketahui, setelah mundur dari Komisioner KPU Sumatera Utara pada 2013 lalu, Gulo maju sebagai salah satu calon anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI pada Pemilu Legislatif 2014. (ajvg)

Foto: Turunan Gulo, Politica Institute, moderator pada Debat Publik Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pematang Siantar 2015, Convention Hall Siantar Hotel, Pematangsiantar, Senin (30/11). (bataktoday/ajvg)

  • Bagikan