Wesly: Pembangunan Permukiman untuk Relokasi Penghuni Bantaran Sungai

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Untuk melindungi warga penghuni bantaran sungai yang kerap ditimpa musibah banjir, program pembangunan permukiman baru layak huni mendesak dilakukan, agar relokasi pemukim bantaran kali tersebut dapat segera dilakukan.

Hal itu diungkapkan calon wali kota Pematang Siantar Wesly Silalahi, di sela kunjungannya ke salah satu lokasi korban banjir bandang di Jalan Handayani V Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Sitalasari Pematang Siantar, Rabu (2/12).

“Terkena banjir merupakan risiko tinggal dipinggir kali. Ini juga bukan persoalan  di Siantar saja, di jakarta juga ada persoalan seperti ini. Makanya Ahok tegas, semua bantaran kali dibabat habis,” ujar Wesly kepada BatakToday.

Wesly memastikan, rumah di bantaran Sungai Mati itu tidak ada ijin mendirikan bangunan (IMB), dan diamini pemilik rumah yang rusak ditimpa tembok runtuh itu.

“Harus dibuat permukiman baru untuk warga yang tinggal di bantaran sungai,” tegas Wesly, sembari menghimbau kesadaran masyarakat agar secara sukarela meninggalkan bantaran sungai, jika kelak permukiman baru di tempat yang aman dan layak huni selesai dibangun pemerintah.

Setelah relawan Wesly menyerahkan bantuan sekedarnya kepada tiga kepala keluarga korban banjir di lokasi itu, ia dan rombongannya bergegas meninggalkan lokasi, menuju lokasi korban banjir lainnya di belakang Rumah Sakit Vita Insani Jalan Merdeka Pematang Siantar.

Untuk diketahui, pada dokumen agenda aksi yang merupakan jabaran visi misi pasangan calon Wesly Silalahi-Haji Sailanto, terdapat program pembangunan 1000 unit rumah untuk relokasi pemukim di DAS Bah Bolon dan kawasan rawan bencana lainnya, yang disebutkan sebagai langkah antisipasi terhadap siklus banjir besar 50 tahunan Sungai Bah Bolon yang diprediksi akan terjadi pada tahun 2020. (AT/jas)

Foto: Wesly Silalahi menyapa Boru Simanjuntak, salah satu korban banjir bandang di Jalan Handayani V Kelurahan Bah Kapul Kecamatan Sitalasari Pematang Siantar, Rabu (2/12). (bataktoday/at)

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”jCDVmVxEHhU”][/youtube]

  • Bagikan