Binsar Situmorang Penjabat Bupati Simalungun

  • Bagikan

Medan, BatakToday

Setelah sebulan lebih lebih masa jabatan Bupati Simalungun periode 2010/2015 berakhir pada tanggal 28 Oktober lalu,  Pelaksana tugas Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi akhirnya melantik Binsar Situmorang sebagai Penjabat (Pj) Bupati Bumi Habonaron do Bona di ruang Martabe Kantor Gubernur Sumut, Jumat (4/12) sore.

Tengku Erry mengingatkan, meski diangkat sebagai Pj Bupati, Binsar tetap menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Ruang dan Permukiman Provinsi Sumatera Utara.

Binsar dilantik berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri, yang mengamanatkan tiga tugas pokok yang harus dilaksanakan, menjalankan pemerintahan di daerah, memfasilitasi pemilihan kepala daerah serentak, dan menjaga netralitas PNS, dengan masa jabatannya paling lama satu tahun terhitung sejak dilantik.

Erry berpesan agar Binsar segera melakukan konsolidasi internal, koordinasi dengan DPRD serta FKPD demi kelancaran pelaksanaan tugas, terutama dalam menyukseskan pilkada yang pelaksanaannya tinggal beberapa hari lagi.

Sebagai aparatur, menurut Erry, kepala daerah bertanggungjawab menjaga keamanan dan mengantisipasi hal-hal yang mungkin timbul yang dapat mempengaruhi kelancaran pilkada.

Erry menjelaskan, saat ini pilkada masuk pada tahapan persiapan logistik. Untuk itu, Binsar diminta agar segara melakukan koordinasi dengan penyelenggara pilkada.

“Prioritaskan daerah yang sulit dijangkau,  sehingga tidak terjadi keterlambatan yang dapat mempengaruhi proses pemilihan pada 9 Desember yang akan datang,” katanya.

Kemudian, lanjut Erry, tahapan masa tenang akan dimulai Sabtu (5/12). Penertiban alat peraga kampanye agar dilaksanakan dengan seksama agar tidak ada yang merasa dirugikan. Walaupun sesungguhnya pembersihan alat peraga imenjadi tugas KPU dan peserta pilkada, menurut Erry, pemerintah daerah juga dapat membantu untuk menjaga ketertiban dan keindahan lingkungan.

Program Kerja

Erry juga menekankan agar Binsar mengoptimalkan sisa tahun anggaran berjalan untuk mematangkan program Pemerintah Kabupaten Simalungun, terutama penyampaian dan pembahasan R-APBD tahun anggaran 2016 agar segera dituntaskan.

“Sehingga pada saat memasuki tahun anggaran 2016, program dan kegiatan pemerintah dapat berjalan dengan baik dan tepat waktu,” tandasnya.

Pengambilan sumpah dan penyerahan SK Pj Bupati Simalungun disaksikan Sekda Provsu Hasban Ritonga, Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Puji Wahono, Kepala BIN Daerah Sumut, dan para Kepala SKPD.Provinsi Sumut. (AFR)

Foto: Pelaksana Tugas Gubernur Tengku Erry Nuradi menyaksikan Binsar Situmorang menandatangani tanda terima SK Penjabat Bupati Simalungun di Ruang Martabe, Kantor Gubernur Sumut, Jumat (4/12).

  • Bagikan