Lapas Pulau Simardan Over Kapasitas

  • Bagikan

Tanjungbalai, BatakToday

Jumlah tahanan penghuni Lembaga Pemasyarakan (Lapas) Kelas II B, Pulau Simardan, Kota Tanjungbalai mencapai 1.182 orang, jauh melampaui batas kapasitas yang hanya 198 orang.

Hal itu diungkapkan Kepala Lapas Pulau Simardan, Rudik Eminanto, di ruang kerjanya, Jumat (4/12).

“Standarnya warga binaan di LP Kelas II B Pulau Simardan ini berjumlah 198 orang. Enam blok hunian untuk seluruh tahanan yang ada sekarang. Langkah untuk menyikapi persoalan ini perlu dilakukan penambahan blok,” katanya, Jumat (4/12).

Dikatakan Rudik, dari total 1.182 tahanan, sebanyak 75 persen di antaranya merupakan tahanan kasus narkotika dan beberapa merupakan tahanan titipan.

“Sebagian tahanan merupakan titipan dari  polisi, Kejaksaan Negeri Tanjungbalai, Pengadilan Negeri Tanjungbalai, Pengadilan Tinggi dan Mahkamah Agung,” jelasnya.

Rudik merinci, penghuni warga binaaan Lapas Pulau Simardan terdiri dari 1.103 orang pria , 61 orang wanita, dan 18 orang anak-anak.

Terkait pelaksanaan pilkada, Rudik menyebut ada sebanyak 564 orang penghuni lapas yang akan menggunakan hak pilihnya.

“Jumlah pemilih yang sudah terdata sebanyak 564 orang untuk satu tempat pemungutan suara (TPS). KPPS dari personil lapas ini sendiri, sedang saksinya dari pasangan calon (paslon) wali kota dan wakil wali kota itu sendiri,” ujar Rudik mengakhiri penjelasannya. (eko)

Foto: Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B, Pulau Simardan Kota Tanjungbalai. (bataktoday/eko).

  • Bagikan