Niat Ibadah ke Jerusalem Kandas karena Ulah Penipu

  • Bagikan

Pematang Siantar, BatakToday-

Niat hati Roma boru Sijabat (40) warga Jalan Matio, Kelurahan Tong Marimbum, Kecamatan Siantar Marimbun, untuk pergi beribadah ke Jerusalem, kandas di tengah jalan.

Pasalnya uang paket sebagai tanda untuk bisa pergi ke Jerusalem sebesar Rp 37,5 juta, lenyap setelah digelapkan Ruth Katrine Napitupulu, seorang agen biro jasa.

Berharap uangnya kembali, Roma boru Sijabat bekerja sebagai PNS Pemko Pematang Siantar ini mendatangi Polresta Pematang Siantar untuk membuat laporan pengaduan atas kasus penggelapan yang dialaminya, Jumat (4/12) sore.

Menurut pengakuan Roma di hadapan penyidik, dia mengenal Ruth, warga Jalan Gading Barat, Jakarta Timur, berprofesi sebagai agen biro jasa.

“Memang setahuku dia agen biro jasa pemberangkatan ke Yerusalem dan banyak juga pendeta yang dia berangkatkan,” terang Roma.

Roma pun tertarik dan berniat dalam hati jika punya uang, akan pergi ibadah ke Jerusalem. Kemudian pada 18 Juni 2015, Roma pun menyatakan keinginan untuk berangkat ke Jerusalem kepada Ruth.

Dalam pembicaraan melalui telepon seluler, Ruth meminta sejumlah uang kepada Roma berupa uang paket keberangkatan.

Selanjutnya Roma mengirimkan uang sebesar Rp 37,5 juta melalui Bank BCA Jalan Merdeka, Pematang Siantar ke rekening Ruth.

Setelah uang terkirim, Roma menanyakan tentang jadwal keberangkatan. Saat itu Ruth berjanji tanggal 12 Oktober 2015.

Beberapa minggu kemudian, Roma kembali menanyakan jadwal keberangkatan, tetapi telepon seluler Ruth mendadak sulit dihubungi.

Belakangan Roma melakukan pengecekan melalui teman, diketahui ternyata keberangkatan itu fiktif alias tak ada.

Begitupun, Roma kembali berupaya menghubungi Ruth berulang kali, tetapi telepon seluler boru Napitupulu itu praktis tak bisa dihubungi.

Humas Polresta Pematang Siantar AKP Isril Noer ketika dikonfirmasi, menjelaskan telah menerima laporan korban.

“Saat ini dalam proses penyelidikan. Pelaku akan dijerat dengan pasal 372 jo 378 KHUP,” terangnya. (AB)

Foto: Bulan purnama di langit Jerusalem.

  • Bagikan