JR Saragih-Amran Sinaga Kandas

  • Bagikan

Simalungun, BatakToday

Pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Simalungun JR Saragih-Amran Sinaga yang diusung Partai Demokrat akhirnya dibatalkan kepesertaannya dalam Pilkada Kabupaten Simalungun 2015.

Ini dipastikan melalui informasi yang disampaikan Ketua Panwaslih Kabupaten Simalungun, Ulamatuah Saragih, setelah pihaknya sebagai penyelenggara pengawas pilkada mendapat pemberitahuan secara lisan dari KPU Kabupaten Simalungun, Minggu (6/12).

“Kami sudah mendapat kepastian, pasangan JR Saragih-Amran Sinaga dibatalkan kepesertaannya dalam Pilkada Kabupaten Simalungun,” tegas Ulamatuah.

Menurut Ulamatuah,  setelah mendapat informasi pembatalan pasangan calon tersebut, pihaknya meminta tembusan keputusan KPU Kabupaten Simalungun.

Namun pihak KPU Kabupaten Simalungun belum bisa memberikan karena para komisioner dievakuasi aparat Polres Simalungun pasca rapat pleno pembatasan.

“Meski surat keputusan itu belum kami terima, tapi kepastian pembatalan sudah positif. Kita menunggu surat itu besok lah (Senin), ” ujarnya.

Ulamatuah menyebutkan, rapat pleno KPU Kabupaten Simalungun diperkirakan pada Minggu sore dan baru berakhir malam harinya.

Disinggung soal surat suara yang sudah sempat tercetak, menurut Ulamatuah, KPU dalam bagian keputusannya juga membatalkan surat suara pasangan nomor urut 4 itu.

Nantinya KPU akan membuat surat edaran ke seluruh panitia pemungutan suara (PPS) se-Kabupaten Simalungun, jika ada surat suara dicoblos untuk pasangan nomor 4, dianggap suara tidak sah atau batal.

Dia menegaskan, putusan pembatalan merupakan tindak lanjut dari putusan Mahkamah Agung RI yang menjatuhkan hukuman 4 tahun penjara kepada Amran Sinaga, mantan Kadis Kehutanan Kabupaten Simalungun yang juga merupakan calon Wakil Bupati Simalungun yang berpasangan dengan JR Saragih, Bupati periode 2010-2015.

Putusan yang terbit September 2015 itu sendiri merupakan akibat kasasi yang dilakukan jaksa penuntut umum di Kejaksaan Negeri Simalungun, yang di awal mendakwa Amran Sinaga 5 tahun  penjara, namun diputus vonis bebas oleh Pengadilan Negeri Simalungun.

Sebelumnya, komisioner KPU Provinsi Sumatera Utara, Benget Silitonga menegaskan, KPU Kabupaten Simalungun akan membuat keputusan pencoretan pasangan JR Saragih-Amran Sinaga pada Minggu (6/12).

Itu dilakukan setelah pihaknya menerima salinan putusan MA RI dan melakukan supervisi kepada Kabupaten Simalungun. (tg).

Foto ilustrasi

  • Bagikan