Sungai Rengas Dikeruk, Warga Medan Deli Girang

  • Bagikan

Medan, BatakToday-

Warga Kelurahan Mabar Hilir, Kecamatan Medan Deli kegirangan, saat Pemerintah Kota Medan melakukan pengerukan Sungai Rengas, Sabtu (5/12).  Sungai itu telah mengalami penyempitan dan pendangkalan, menyebabkan kawasan itu selalu menjadi langganan banjir setiap kali hujan turun

Sumarno (65), warga Mabar Hilir menjelaskan, setiap kali banjir, air bisa mencapai ketinggian satu meter menggenangi permukiman warga, dan surutnya air bisa mencapai 2 sampai 5 hari.

Menurut Sumarno, kondisi ini sudah berlangsung sejak tahun 1982, akibat Sungai Rengas mengalami penyempitan dan pendangkalan serta dipenuhi sampah, terutama di Kawasan Industri Medan (KIM) 5, Desa Saentis, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang.

Warga sudah melakukan gotong royong sebisanya, terang Sumarno, namun hasilnya tidak maksimal karena hanya menggunakan peralatan konvensional seperti cangkul dan penggaruk.

Itu sebabnya, begitu melihat alat berat seperti bachoe diturunkan, Sumarno dan warga lainnya pun optimis persoalan banjir yang selama ini menghantui warga dapat teratasi.

“Jika pun sampai terjadi banjir, kami yakin tidak berhari-hari seperti yang selama ini terjadi. Untuk kitu atas nama warga, kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Randiman Tarigan selaku Pj Wali Kota Medan dengan pengerukan ini. Kami seluruh warga tidak akan melupakan ini,” ungkap Kamal (38), warga lainnya.

Tim yang dipimpin Randiman terlebih dahulu menelusuri Sungai Rengas mulai samping Kantor Lurah Mabar Hilir. Bersama warga,  Randiman pun ikut membersihkan sampah yang menutupi permukaan sungai. Setelah sampah bersih, air pun mulai mengalir namun masih belum lancar.

Kepada warga, Randiman berpesan agar tidak membuang sampah ke dalam sungai.

“Saya tahu ini bukan wilayah Medan, tapi akibat sampah menumpuk, warga di kawasan Mabar Hilir kebanjiran. Jadi tolong lah jangan buang sampah ke sungai lagi,” pesannya.

Setelah pengerukan dilakukan, air sungai pun mengalir deras, dan langsung disambut gembira sejumlah warga. Mereka optimis, banjir yang selama ini ‘menghantui’ dapat teratasi.

Randiman pun mengaku sangat senang, pengerukan dapat memberi manfaat bagi masyarakat. (AFR)

Foto: Pj Wali Kota Medan Randiman Tarigan turut membersihkan tumpukan sampah yang menyumbat saluran air, Sabtu (5/12).(bataktoday/afr).

  • Bagikan